Permintaan Melempem, Daihatsu Kurangi Kapasitas Produksi

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 14:01 WIB
Ilustrasi salah satu mobil konsep Daihatsu. FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih menghantui sektor otomotif. Berbagai produsen melaporkan penurunan penjualan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA - Giliran Isuzu X-Series Bikin Panas Dingin Hilux dan Triton

Selain itu, pandemik juga menyebabkan permintaan pasar turun. Alhasil, perusahaan juga harus menyesuaikan dengan mengurangi kapasitas produksi agar tak banyak rugi. BACA JUGA - Tidak Bisa Ngeles Lagi, PCX 150 4-Valve Ketangkap Basah di Jalan

Penyesuaian serupa juga dilakukan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sejak 14 September 2020 lalu, Pemprov DKI Jakarta telah kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PSBB menjadi salah satu faktor ADM menyesuaikan kapasitas produksinya. Kini, perusahaan asal Jepang itu melakukan penyusaian dengan takt time.



"Kendaraan dengan takt time dari yang sebelumnya 1,5 menit per-unit kendaraan menjadi 3,1 menit per-unit," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Penyesuaian takt time ini diklaim mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti jaga jarak antar karyawan di bagian produksi minimal 1,5 meter.

"Meskipun terjadi penyesuaian produksi, ADM tetap optimis dan bersyukur dapat menjalankan operasional perusahaan dengan baik di tengah kondisi yang tidak mudah," tutur Amel.

Hingga saat ini, lanjut Amel, Daihatsu menerapkan kebijakan WFO (work from office) dan WFH (work from home) menjadi 25% WFO – 75% WFH. Artinya, setiap karyawan Daihatsu bekerja di kantor hanya 1 minggu dalam 1 bulan selama periode PSBB.

Selain itu, ADM juga menggunakan sebuah aplikasi monitor internal untuk memastikan jarak antar karyawan saat bekerja di kantor selalu dalam batas aman, yakni minimal 1,5 meter.

Selain untuk memenuhi pasar domestik, produk rakitan ADM juga diekspor di 75 negara dengan brand Toyota, Daihatsu, dan yang terbaru pada September 2020 lalu, yaitu Mazda Bongo yang berbasis Daihatsu GranMax.
(wbs)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More