Mengenal Simbol-Simbol Indikator pada Meter Cluster di Mobil

Kamis, 03 Juni 2021 - 15:05 WIB
Ada tips untuk lebih mengenali beberapa indikator pada Meter Cluster agar dapat memahami kondisi kendaraannya dengan baik. Foto: dok Daihatsu
JAKARTA - Banyaknya lampu indikator pada Meter Cluster kendaraan, seringkali membuat pengemudi merasa bingung untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman tersebut penting untuk diketahui agar menambah kenyamanan dan keselamatan pengguna.



Daihatsu berikan tips untuk lebih mengenali beberapa indikator pada Meter Cluster agar dapat memahami kondisi kendaraannya dengan baik. Berikut ini penjelasannya:

Temperatur Mesin

Berfungsi untuk memberikan peringatan suhu panas pada mesin kendaraan ketika mengalami overheat. Jika mendapati kondisi ini, perlu mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun Audio.



Selanjutnya, pinggirkan kendaraan hingga idle beberapa saat dan matikan mesin agar suhu yang terlalu panas dapat turun.

Check Engine

Memiliki bentuk gambar seperti mesin. Apabila menyala, mengindikasikan adanya suatu masalah yang terjadi pada bagian mesin atau controlnya. Meski demikian, hal tidak selalu menunjukkan kerusakan serius bagi pengguna.

Dapat diakibatkan adanya soket yang kendor, juga dapat menunjukkan adanya komponen/sensor pada mesin yang membutuhkan penggantian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More