Cara Membaca Dipstick Oli Mobil dengan Mudah

Selasa, 01 Maret 2022 - 15:27 WIB
Cara membaca disptick oli mobil terbilang cukup mudah. Dipstick digunakan untuk mengambil sample pelumas. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Cara membaca disptick oli mobil terbilang cukup mudah. Beberapa orang mungkin ingin mengetahui cara membaca dipstick oli pada mobil tanpa pergi ke bengkel atau bertanya ke mekanik.

Jika anda perhatikan, komponen ini memiliki indikator ketinggian permukaan oli. Dipstick oli mobil ini memiliki tugas lain yaitu sebagai indikator kapasitas oli yang berguna untuk pemilik mobil agar bisa melakukan pengecekan sendiri pada mobilnya, dengan cara melihat kapasitas oli.

Anda bisa melakukan pengecekan dipstick oli di pagi hari ketika mobil belum dipanaskan, cara membacanya sangat mudah. Selain itu dipstick berguna sebagai alat untuk mengetahui kualitas pelumas yang dipakai.



Dipstick digunakan untuk mengambil sample pelumas, jika warna oli mobil sudah berubah lebih gelap artinya sudah harus diganti, pun bisa dicek dari baunya, jika berbau gosong, oli mobil tersebut sudah tidak optimal lagi.



Meski masa pakai pelumas dapat menempuh jarak 2.000 km namun bisa saja sebelum jarak tempuh tersebut pelumas harus diganti karena mesin bekerja lebih berat dari anjurannya. Misal sering mengangkut beban berat, medan yang berat, cuaca ekstrem dan kemacetan lalu lintas.



Dilansir dari Federal Oil dan Lifepal, berikut cara membaca dipstick oli mobil.

1. Oli berada di bawah LOW (L)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More