Begini Akibatnya Kalau Telat atau Tidak Rutin Ganti Oli Mobil

Rabu, 08 September 2021 - 23:05 WIB
loading...
Begini Akibatnya Kalau Telat atau Tidak Rutin Ganti Oli Mobil
Ganti oli mobil secara rutin membantu menjaga mesin bekerja dengan baik. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Setiap kendaraan butuh oli untuk mengoptimalkan performanya. Tapi tak jarang pemilik kendaraan yang tidak rutin atau telat mengganti oli. Padahal, efeknya bisa fatal.

Oli mesin sendiri bertugas meminimalisir friksi atau gesekan di dalam mesin. Cairan ini juga senantiasa menjaga mesin bekerja secara mulus dan presisi dengan melumasi bagian-bagian logam yang bergesekan.

Dengan demikian, mesin jadi terhindar dari kondisi keausan dan panas yang berlebihan. Namun, oli punya usia pakai yang tidak panjang. Maka dari itu komponen berbentuk cair ini tergolong sebagai fast moving.

Oli mesin mobil kualitasnya akan terus menurun dan makin kotor seiring dengan tingginya angka odometer, sehingga harus diganti pada periode waktu atau jarak tempuh tertentu.

Berikut akibat telat atau tidak rutin mengganti oli mobil, dilansir dari laman Auto2000, Rabu (8/9).

Boros bahan bakar

Friksi yang terjadi antara komponen-komponen pada mesin mobil akan berkurang dengan adanya oli mobil sebagai pelumas. Gesekan halus akan membuat performa kerja mobil semakin meningkat.

Oli mesin mobil yang jarang diganti akan berpengaruh dan membuat gesekan akan semakin kuat dan tarikan akan semakin berat.

Hal tersebut menyebabkan mesin memerlukan tenaga lebih besar untuk bekerja. Dengan demikian bensin akan lebih banyak dikonsumsi.

Rusaknya Komponen-komponen Mesin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)