Awas Salah Pakai! Ini Perbedaan Oli Motor Matic dan Oli Motor Manual

Kamis, 17 Maret 2022 - 18:08 WIB
Pada umumnya, oli motor memiliki dua jenis oli yang banyak ditemui di pasaran, yaitu oli motor matic dan oli motor manual. Foto: dok Suzuki Indonesia
JAKARTA - Oli motor merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk membantu meningkatkan performa mesin dalam melakukan tugasnya.

Fungsi utama oli mesin adalah menjadi pelumas mesin. Pada umumnya, oli motor memiliki dua jenis oli yang banyak ditemui di pasaran, yaitu oli motor matic dan oli motor manual.

Kedua oli tersebut memiliki beberapa perbedaan, sehingga dalam hal ini pemilik kendaraan harus memilih oli motor dengan benar.

Dilansir dari laman Suzuki, Kamis (17/03), berikut beberapa perbedaan antara oli motor matic dan oli motor manual:

1. Kekentalan Oli



Perbedaan pertama oli motor matic dan manual adalah kekentalan olinya. Dalam hal ini, oli motor manual biasanya memiliki bentuk kekentalan oli yang lebih kental daripada oli motor matic.



Hal tersebut disebabkan oli motor manual bekerja lebih ekstra dengan membuat kopling menjadi presisi, sedangkan oli motor matic biasanya lebih encer karena fungsi oli motor matic hanya memberikan perlindungan terhadap mesin motor saja.

2. Kode Oli
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More