Arus Balik Lebaran 2022, Simak Baik-Baik Tips Agar Tidak Mengantuk!

Minggu, 08 Mei 2022 - 11:05 WIB
Para pemudik harus berjibaku mengejar waktu sambil menghadapi kemacetan serta jarak tempuh yang jauh. Foto: Sindonews
JAKARTA - Momentum arus balik Lebaran 2022 mencapai puncaknya selama 6-8 Mei 2022. Sejumlah aturan diterapkan untuk menghindari kemacetan lalu lintas, termasuk aturan one way saat arus balik mudik Lebaran 2022 yang berlaku di beberapa lokasi jalan tol.

Kebijakan itu akan berlaku dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek. Dari pantauan Sindonews, aturan one way ini memang sangat efektif untuk mengurai kemacetan Lebaran.

Sebab, selepas tol Semarang jumlah kendaraan dari Jawa Timur dan Jawa tengah memang sangat tinggi. Kepadatan arus lalu lintas terpecah dengan adanya one way. Meski demikian, tetap saja banyak para pemudik yang kelelahan.

Banyak sekali rest area yang terpaksa ditutup lantaran terlalu penuh dan menyebabkan antrean bahkan kemacetan. Sepanjang jalur tol Cikampek, Cipali, Cikopo, dan Kanci, Sindonews mendapati banyak pemudik yang kelelahan dan terpaksa menghentikan kendaraan mereka di pinggir jalan.

Jumlah kendaraan yang menepi terlihat semakin banyak pada Minggu (8/5) dini hari di ruas tol Cipali dan Cikampek. Nah, bagaimana sebenarnya tips saat mengemudi dalam keadaan mengantuk?



1. Istirahat Setiap 2 Jam

Beristirahat setiap dua jam dianjurkan. Gunanya untuk melakukan peregangan otot atau tidur singkat. Jika dipaksa menyetir tanpa jeda, tubuh dan mata jadi cepat lelah. Meski tidak sedang mengantuk atau letih, usahakan beristirahat setiap beberapa jam sekali di rest area.

2. Menepi dan Tidur

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More