5 Komponen Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:36 WIB
Ada komponen motor fast moving yang memang harus diganti secara berkala agar motor tetap prima. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Pemilik kendaraan roda dua harus memahami komponen motor yang wajib diganti secara berkala. Apabila tidak diganti, sepeda motor yang biasa kerap di pakai sehari-hari akan mengalami mogok hingga kerusakan fatal.

Mengganti komponen motor secara berkala merupakan perawatan rutin untuk menjaga sepeda motor tetap prima dan gesit. Termasuk memperpanjang usia mesin kendaraan. Berikut komponen motor yang wajib diganti secara berkala :

1. Oli Mesin

Oli mesin mempunyai peran vital pada mesin sepeda motor. Komponen ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan. Idealnya oli diganti setiap sebulan atau dua bulan sekali. Namun juga tergantung dari pemakaian kendaraan.

2. Busi



Komponen selanjutnya adalah busi. Busi merupakan komponen penting dalam pengapian sepeda motor. Jika bermasalah, motor tidak akan menyala. Busi biasanya diganti saat motor telah digunakan menempuh jarak sebesar 20.000 km dan 50.000 km.

3. Aki

Sama seperti Busi, Aki berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Jika aki bermasalah, sepeda motor tidak akan berjalan fungsinya seperti biasa.

4. Lampu Kendaraan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More