Begini Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar dan Aman

Kamis, 26 Mei 2022 - 22:05 WIB
Cara menurunkan gigi mobil manual perlu diketahui pengendara mobil. Foto: ist
JAKARTA - Cara menurunkan gigi mobil manual sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, bisa terasa sulit bagi pemula atau pengendara mobil bertransmisi otomatis.

Dalam perkembangannya, mobil memiliki dua jenis, yaitu mobil matik dan mobil manual.

Penggunaan mobil matik lebih mudah. Karena hanya memiliki pedal gas dan rem. Sedangkan pada mobil manual, ada tiga pedal yang terdiri dari gas, rem, dan kopling.

Selain itu, proses perpindahan gigi mobil manual juga lebih sulit dibanding mobil matik. Alasannya, pengendara mobil manual harus mengoper perseneling sembari kakinya menginjak pedal kopling.

Tak hanya itu, pengendara juga harus mengatur kecepatan yang sesuai sebelum mengoper gigi, agar perpindahan perseneling bisa halus.



Tak jarang pengendara yang baru mengenal mobil manual akan merasa kesulitan dalam memindahkan gigi hingga menurunkannya. Sehingga perlu beberapa waktu untuk melakukan latihan terlebih dahulu.

Lantas, bagaimanakah cara menurunkan gigi mobil manual yang benar dan aman? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut langkah-langkahnya.

1. Turunkan Kecepatan Mobil

Satu hal yang perlu diperhatikan pengendara saat hendak menurunkan gigi mobil adalah kondisi kecepatan dari mobil. Sebelum menurunkan gigi persneling, turunkan kecepatan mobil. Sebagai contoh, ketika mobil melaju di angka 70 km/jam, jangan langsung menurunkan giginya. Akan tetapi, kurangi kecepatan dahulu secara perlahan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More