7 Tips Belajar Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula, Tak Sesulit yang Dibayangkan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:27 WIB
loading...
7 Tips Belajar Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula, Tak Sesulit yang Dibayangkan
Cara mengemudi mobil manual bagi pemula tidak sesulit yang dibayangkan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara mengemudi mobil manual bagi pemula tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan terus belajar dengan rutin, tak akan butuh waktu lama untuk segera menguasainya.

Bagi banyak orang, mobil menjadi salah satu kebutuhan penting dalam aktivitas keseharian. Melihat jenisnya, mobil manual sering dianggap lebih sulit untuk dikemudikan dibanding dengan mobil matic.

Anggapan tersebut sejatinya kurang tepat. Tak sesulit yang dipikirkan, menyetir mobil manual akan mudah dikuasai asalkan terus belajar dengan giat.



Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tips belajar cara mengemudi mobil manual yang baik dan benar bagi pemula.

Belajar Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula


1. Mengenali Komponen Berkendara


Satu langkah penting ketika hendak mengemudi mobil manual adalah mengetahui dulu komponen-komponen berkendaranya. Caranya dengan berlatih secara rutin.

Pengendara wajib mengenali komponen yang nantinya digunakan ketika mengemudi. Misalnya letak pedal gas, kopling, hingga pengereman.

Kemudian, jangan lupa juga bagian tuas persneling yang digunakan untuk memindahkan gigi. Setelah mengenalnya, pengendara juga wajib tahu fungsi dan cara mengoperasikan komponen tersebut.

2. Belajar Menyalakan Mobil


Setelah mengetahui komponen-komponen berkendara dan cara menggunakannya, langkah berikutnya adalah belajar menyalakan mobil. Pada mobil manual, pengendara wajib memastikan tuas persneling dalam kondisi netral.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2783 seconds (0.1#10.140)