Sejarah Kendaraan dan Transportasi Dunia, Berawal dari Sepeda hingga Mobil

Rabu, 28 September 2022 - 17:35 WIB
Kendaraan bermesin temuanNicholas J. Cugnot, seorang ilmuwan Prancis. Foto: ist

Meski demikian, sejarah transportasi dikaitkan dengan penemuan kendaraan bermesin, terutama mobil. Adalah Nicholas J. Cugnot, seorang ilmuwan Prancis yang pertama kali menciptakan kendaraan beroda 3 pada 1769.

Bentuk mobil yang ia ciptakan kala itu bukanlah seperti mobil konvensional seperti saat ini. Ia merancang mobil yang memiliki ukuran besar dengan tenaga uap.

Cugnot menciptakan inovasi itu dalam rangka kebutuhan pengangkutan meriam untuk perang. Karena desainnya yang belum sempurna dengan tingkat keamanan rendah, maka mobil pertama ini kerap mengalami kecelakaan dan memerlukan perawatan ekstra.

Inovasi Cugnot dikembangkan lebih jauh oleh James Watt dan William Murdock pada 1784, dengan menciptakan mobil bermesin uap. Ada pula tokoh Jerman, Carl Benz, yang turut mengembangkan kendaraan beroda 3 pada masa itu.

Setelah itu, Richard Trevithick menciptakan gerobak uap pada 1801. Kendaraan ini dilengkapi dengan setir, rem, alat peningkat kecepatan, dan transmisi multi kecepatan.

Mobil pun berkembang pesat di abad ke-19 dan berubah menjadi berbahan bakar minyak seperti saat ini. Selain mobil, alat transportasi lain yang juga terkenal adalah kereta api. Serupa dengan mobil, kereta pada awalnya menggunakan uap sebagai mesin penggerak.

Kereta sendiri disebut sudah ada di Jerman sejak 1550 dan masih berbentuk gerobak dari kayu. Kereta kayu ini memanfaatkan tenaga kuda, dengan rel yang juga terbuat dari kayu. Kereta kayu dari Jerman ini menjadi cikal bakal lahirnya kereta api modern seperti yang dikenal di masa modern.

Mobil Pertama di Indonesia

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More