Deretan Penemu Teknologi yang Mendorong Terciptanya Kendaraan Masa Depan

Kamis, 29 September 2022 - 14:55 WIB
Ia membangun kendaraan prototipe ukuran penuh berdasarkan model yang dia buat pada enam tahun sebelumnya dengan tiga roda pelek besi. Sayangnya, mobilnya itu harus berhenti setiap 10-12 menit guna membangun kembali tekanan uap agar kendaraan dapat kembali berjalan.

Mobil Cugnot ini memiliki top speed hanya 1 mph atau sekitar 1,6 km/jam. Kini telah menjadi salah satu koleksi yang dimiliki oleh museum Musee des Arts et Metiers di Kota Paris, Prancis.

2. Hancock Omnibus

Jenis mobil ini dirakit oleh Walter Hancock, penemu asal Inggris. Jika Cugnot adalah penemu sukses di dunia militer, maka Hancock adalah penemu kendaraan penumpang tersukses di dunia.

Pasalnya, Hancock Omnibus menjadi kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia.

3. Greenville Steam Carriage

Di era mayoritas mobil dibuat secara ‘handmade‘ alias dibuat dengan tangan, Robert Neville Grenville mulai merancang kereta uapnya, tepatnya di tahun 1875.

Mobil buatan Greenville lebih mirip lokomotif bentukannya, dengan kapasitas penumpang terbatas sekitar tujuh orang. Uniknya, saat kendaraan ini melaju, salah satu penumpang harus bertugas untuk ‘memberi makan’ mesin uap guna mempertahankan kecepatan.

4. La Marquise

Mobil ini dibangun oleh tiga orang Prancis pada tahun 1884. Ketiga orang tersebut yakni De Dion, Bouton, dan Trépardoux. Mobil ciptaan mereka adalah prototipe quadricycle yang dinamai La Marquise (nama ibu dari De Dion).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More