Deretan Penemu Teknologi yang Mendorong Terciptanya Kendaraan Masa Depan

Kamis, 29 September 2022 - 14:55 WIB
loading...
Deretan Penemu Teknologi yang Mendorong Terciptanya Kendaraan Masa Depan
Deretan penemu teknologi yang mendorong terciptannya mobil masa depan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Penemu teknologi yang berperan penting terciptanya kendaraan masa depan , mobil bisa dibilang sebagai salah satu kendaraan yang serbaguna dan lebih aman. Saat ini, sudah ada berbagai jenis mobil yang bisa kamu beli dengan fitur-fitur tertentu. Mulai dari off-road, sedan, coupe, sport utility vehicle (SUV), hingga multi purpose vehicle (MPV).



Terciptanya kendaraan ini sangat memudahkan mobilitas manusia. Kamu bisa pergi ke suatu tempat dengan keluarga tanpa kena sinar matahari atau hujan. Bisa dibilang, mobil merupakan kendaraan yang populer digunakan saat ini.

Namun, kamu pasti belum tahu siapa penemu mobil pertama kali. Untuk itu, yuk simak review singkat tentang biodata, sejarah dan fakta menarik tentang penemuan mobil selengkapnya berikut ini!

1. Cugnot Fardier

Mobil ini adalah kendaraan ‘self-propelled‘ pertama untuk mengangkut manusia. Namanya diambil dari sang penemu yakni, Nicolas Joseph Cugnot.

Sebelum kehadiran mobil ini, Ferdinand Verbiest sudah lebih dulu memperkenalkan mobil bertenaga uap di tahun 1672. Hanya saja dimensi dari rancangan tersebut terlalu kecil sehingga sulit untuk dibangun apalagi dikendarai.

Ditambah lagi masalah konversi yang maju mundur dan bolak balik untuk memutar roda. Masalah tersebut kemudian berhasil dipecahkan oleh Cugnot.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Ia membangun kendaraan prototipe ukuran penuh berdasarkan model yang dia buat pada enam tahun sebelumnya dengan tiga roda pelek besi. Sayangnya, mobilnya itu harus berhenti setiap 10-12 menit guna membangun kembali tekanan uap agar kendaraan dapat kembali berjalan.

Mobil Cugnot ini memiliki top speed hanya 1 mph atau sekitar 1,6 km/jam. Kini telah menjadi salah satu koleksi yang dimiliki oleh museum Musee des Arts et Metiers di Kota Paris, Prancis.

2. Hancock Omnibus

Jenis mobil ini dirakit oleh Walter Hancock, penemu asal Inggris. Jika Cugnot adalah penemu sukses di dunia militer, maka Hancock adalah penemu kendaraan penumpang tersukses di dunia.

Pasalnya, Hancock Omnibus menjadi kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia.

3. Greenville Steam Carriage

Di era mayoritas mobil dibuat secara ‘handmade‘ alias dibuat dengan tangan, Robert Neville Grenville mulai merancang kereta uapnya, tepatnya di tahun 1875.

Mobil buatan Greenville lebih mirip lokomotif bentukannya, dengan kapasitas penumpang terbatas sekitar tujuh orang. Uniknya, saat kendaraan ini melaju, salah satu penumpang harus bertugas untuk ‘memberi makan’ mesin uap guna mempertahankan kecepatan.

4. La Marquise

Mobil ini dibangun oleh tiga orang Prancis pada tahun 1884. Ketiga orang tersebut yakni De Dion, Bouton, dan Trépardoux. Mobil ciptaan mereka adalah prototipe quadricycle yang dinamai La Marquise (nama ibu dari De Dion).

Di tahun 1887, La Marquise diperkenalkan sebagai mobil balap pertama di dunia dalam sebuah pameran. Meskipun faktanya pada saat itu tak ada mobil lain yang ikut dipamerkan.

Kemudian pada tahun berikutnya La Marquise dengan kecepatan rata-rata 18 mph atau sekitar 28,9 km/jam berhasil mengalahkan Bouton , sebuah kendaraan roda tiga.

La Marquise menggunakan batu bara, kayu, dan potongan kertas sebagai bahan bakarnya. Dibutuhkan waktu 30-40 menit untuk membangun uap yang cukup agar kendaraan dapat dioperasikan. Top speed-nya menyentuh hingga 38 mph atau sekitar 61 km/jam.

Sebagai mobil balap tertua, La Marquise berhak untuk mengenakan nomor balap “0” di ajang balapan London to Brighton Veteran Car Run 1996.

5. Benz Patent Motorwagen

Sejarah mengungkapkan, mobil ini sudah diakui sebagai mobil bertenaga mesin bensin pertama di dunia. Diciptakan tahun 1885 dan baru dipatenkan tahun 1886. Kendaraan ini dibangun menggunakan mesin sentrifugal dengan kapasitas 954 cc.

Mobil ini ditemukan oleh Karl Benz. Awalnya ia menggunakan bahan bakar ke mesin melalui penguapan. Selain itu ia menambahkan karburator di model selanjutnya. Lebih jauh lagi, ia kemudian menambahkan sepatu rem kulit pun pada tahun 1887.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3289 seconds (0.1#10.140)