Selalu Waspada! Lakukan 6 Tips Ini Saat Berkendara Motor di Musim Hujan

Senin, 24 Oktober 2022 - 07:35 WIB
Musim hujan membuat pengendara harus jauh lebih hati-hati, sambil tetap menggunakan perangkat penunjang keselamatan yang memadai. Foto: dok Yamaha
JAKARTA - Musim hujan menuntut pengguna motor lebih berhati-hati saat berkendara. Kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan mengingat kondisi jalan yang licin serta faktor lainnya.

Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan sejumlah tips yang sangat berguna dan bisa diterapkan oleh pengguna sepeda motor. Berikut beberapa diantaranya:

1. Hindari Jas Hujan Model Ponco



Disarankan untuk menggunakan jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, dan dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.



2. Helm yang Memadai

Gunakan helm dengan kaca terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

3. Jaga Jarak Aman

Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More