Cuaca Buruk Awali 2023, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir

Senin, 02 Januari 2023 - 09:36 WIB
Ada sejumlah tindakan preventif untuk meminimalisir kerusakan kendaraan akibat banjir. Foto: Antara
JAKARTA - Cuaca buruk dan hujan lebat melanda sejumlah wilayah Pantura Jawa Tengah (Jateng). Tepatnya, di kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan. Gara-gara banjir, sejumlah warga dievakuasi.

Banjir juga berakibat fatal pada pemilik kendaraan. Nah, berikut adalah upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko kerusakan pada mobil dan tetap bisa melakukan klaim asuransi kendaraan:

1. Pastikan posisi mobil aman

Pastikan ada opsi untuk memindahkan dan mengevakuasi mobil ke posisi yang lebih tinggi pada saat banjir. Apabila tidak sempat melakukan pemindahan atau evakuasi, tutup knalpot supaya air tidak masuk ke dalam mesin mobil dan merusak mesin.

2. Lepaskan kabel negatif aki untuk mencegah korsleting listrik



Pemilik mobil jangan ragu untuk melepaskan kabel negatif pada aki / baterai guna mencegah korsleting listrik. Pelepasan kabel ini mencegah rusaknya berbagai macam komponen listrik di dalamnya.

Lakukan pencabutan kabel negatif ketika mobil sebelum terendam. Ciri-ciri kabel negatif pada aki/baterai ditandai dengan simbol – (minus/kurang ). Kabel yang menempel pada terminal negatif aki/baterai adalah warna hitam polos atau yang sejenisnya.

3. Cek kondisi oli

Pengecekan kondisi oli harus dilakukan, karena ada kemungkinan oli sudah tercampur air banjir. Ketika sudah tercampur air, tangki oli harus dikuras habis terlebih dahulu baru kemudian diisi kembali.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More