Kenalan dengan 9 Naga Otomotif China yang Siap Taklukkan Dunia

Minggu, 22 Januari 2023 - 13:00 WIB
loading...
Kenalan dengan 9 Naga Otomotif China yang Siap Taklukkan Dunia
Mobil-mobil China kini berupaya mendunia setelah berhasil jadi raja di negara sendiri. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tahukah Anda berapa merek mobil dalam negeri yang ada di China ? Jumlahnya bisa mencapai ratusan yang terbagi antara perusahaan mobil yang didukung oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan mobil individual.

Jumlah yang luar biasa itu bukan muncul tanpa sebab. Pasar otomotif China yang sangat besar membuat merek-merek mobil bak cendawan di musim hujan. Setiap saat selalu saja ada mobil-mobil baru buatan China.

Tahun 2021 saja pasar otomotif China mencapai 26,2 juta unit. Sebanyak 21,5 juta merupakan mobil penumpang. Jadi tidak heran jika mobil dengan berbagai merek berseliweran sampai orang yang melihatnya juga kebingungan.

Menariknya mobil-mobil itu justru datang tidak main sendirian. Kebanyakan dari mereka justru merupakan berkumpul dalam grup-grup tertentu.

Nah dari grup-grup itu muncul sembilan grup atau bisa dibilang sembilan naga otomotif China yang paling besar. Dibilang besar karena kebanyakan dari mereka membidani merek-merek mobil yang sangat berpengaruh tidak hanya di China tapi di negara lainnya.

Baca juga : Indomobil Hadirkan Platform Daring Mobil Bekas yang Bebas Banjir dan Tabrakan

Kenalan dengan 9 Naga Otomotif China yang Siap Taklukkan Dunia


Misalnya saja Geely Group yang saat ini sudah menguasai merek mobil luar negeri seperti Lotus, Proton, dan Volvo. Di China Geely justru menjual mobil-mobil lain seperti Polestar, Zeekr, hingga Lynk & Co.

Geely Group tidak sendirian karena masih ada naga-naga lain yang tidak hanya menguasai China tapi juga ingin menaklukkan dunia. Yuk cermati apa saja:

1. Changan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3586 seconds (11.97#12.26)