Ferrari Siap Pasang Suara Knalpot Asli untuk Mobil Listriknya

Senin, 23 Januari 2023 - 19:18 WIB
loading...
Ferrari Siap Pasang Suara Knalpot Asli untuk Mobil Listriknya
Ferrari mendaftarkan paten sistem suara knalpot yang merujuk pada kendaraan produksi jalanan yang dilengkapi dengan perangkat penghasil suara yang dapat dihubungkan ke motor listrik. FOTO/ CAR DRIVE
A A A
MILAN - Ferrari terkenal dengan jajaran supercar dan kebisingan ikoniknya. Oleh karenanya Ferrari pastikan kendaraan listriknya memiliki suara yang menggelegar.



Seperti dilansir dari Carbuzz, Ferrari mendaftarkan paten sistem suara knalpot yang merujuk pada 'kendaraan produksi jalanan yang dilengkapi dengan perangkat penghasil suara yang dapat dihubungkan ke motor listrik'.

Berbeda dengan Iconic Sounds yang diproduksi oleh Hans Zimmer untuk BMW, Ferrari menginginkan reproduksi suara yang lebih nyata untuk kendaraan listrik mereka.

Intinya, Ferrari ingin mengekstraksi suara asli dari motor listrik dan berbagai komponen powertrain seperti transmisi, slip differential, dan roda.

Sistem kendali motor listrik akan menambah arus yang disebut 'arus sonoritas' pada frekuensi yang tidak akan mengganggu pengoperasian motor listrik.

Arus suara ini bersifat variabel, artinya rentang frekuensi harmonik dapat dibuat berdasarkan tingkat kecepatan putaran motor listrik, sebelum dikalikan dengan resonator untuk menghasilkan kebisingan powertrain murni.

Menurut Ferrari, mobil berperforma tinggi membutuhkan sound system yang khas yang menjadi bagian dari pengalaman berkendara yang memuaskan.

Bahkan dengan sound system sebelumnya, memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan umpan balik langsung berdasarkan kondisi kendaraan saat ini, sekaligus mendorong mereka untuk mengubah parameter tertentu untuk mencapai performa yang diinginkan.

Sistem yang dikembangkan Ferrari bisa dikatakan hampir sama dengan sistem 'exhaust' Fratzonic pada Charger Daytona SRT EV Concept, dimana suara bising akan dihasilkan melalui amplifier ketika sistem sensor mendeteksi adanya perubahan kecepatan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)