Dominan 4 Dekade, Hino Kedepankan Keinginan Kustomer ketimbang Kompetisi

Minggu, 29 Januari 2023 - 11:29 WIB
loading...
Dominan 4 Dekade, Hino Kedepankan Keinginan Kustomer ketimbang Kompetisi
HMSI meluncurkan Hino500 Series Ultimate Safety Model beberapa pekan lalu. Foto-foto/DOK. HMSI
A A A
JAKARTA - Pada 25 Mei 1998, pengusaha terkenal dan pendiri Apple, Steve Jobs memberikan wawancara khusus pada Business Week. Saat itu Steve Jobs kembali lagi ke Apple setelah mengasingkan diri dari perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu.

Business Week penasaran apa yang membuat Steve Jobs memutuskan balik lagi ke Apple? Serta apa yang membuat dia begitu sukses membawa Apple sebagai perusahaan papan atas dunia? “Mendekat ke konsumen sedekat mungkin. Sangat dekat, sampai kamu tahu apa yang mereka benar-benar butuhkan, sebelum mereka menyadarinya,” ucap Steve Jobs saat itu.

Dalam dunia industri konsumen memang bukan sekadar objek belaka. Konsumen justru jadi bagian penting dalam kegiatan bisnis. Maju mundurnya kegiatan perusahaan justru akan ditentukan melalui orientasinya kepada konsumen.

Hal itulah yang dijadikan ramuan mujarab Hino selama berkiprah 40 tahun di Indonesia. Selama empat dekade Hino Motor Sales Indonesia (HMSI )berhasil menemukan formula mujarab agar menjadi yang terbaik di tanah air. Resepnya adalah mengepankan keinginan customer ketimbang berkompetisi dengan pelaku bisnis lainnya.

Upaya itu semakin jelas terlihat sejak tahun lalu ketika mereka mengenalkan layanan aftersales baru buat konsumen. Pada 2022 Hino menghadirkan beberapa jaringan bengkel resmi mereka untuk melayani kustomer setiap hari. Artinya, selama 7 hari dalam sepekan baik bengkel resmi ataupun dealer mereka tetap buka untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh para kustomer.

Cukup? Ternyata setelah diamati konsumen justru menginginkan lebih. Mereka ingin selama satu pekan penuh itu dealer bisa bekerja 24 jam. Tentu saja hal itu diperlukan untuk mencegah terjadinya down time pada kendaraan niaga milik konsumen.

Menariknya hal itu langsung dikabulkan oleh Hino. Mulai tahun 2023 ini beberapa dealer milik Hino dapat bekerja selama satu pekan penuh dengan waktu 24 jam “Untuk tahun 2023 ini kami akan memberikan aktivitas berupa weekend support yang akan buka selama 7 hari dengan penambahan 3 dealer yang terlibat, seperti Bandung, Tasikmalaya, dan Padang,” jelas Santiko Wardoyo.



Dominan 4 Dekade, Hino Kedepankan Keinginan Kustomer ketimbang Kompetisi


Lewat layanan after sales Hino ini, kustomer yang ingin membutuhkan dapat dengan mudah mendapat bantuan. Bahkan, untuk tetap menjaga kendaraan niaga kustomer tetap dalam kondisi prima, HMSI juga berencana untuk memberikan perbaikan di bengkel resmi yang akan beroperasi setiap hari secara penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)