Ini Jawaban Mengapa Banyak Pengendara Motor Gagal Lulus Ujian SIM

Minggu, 05 Februari 2023 - 09:00 WIB
loading...
Ini Jawaban Mengapa Banyak Pengendara Motor Gagal Lulus Ujian SIM
Banyak masyarakat yang mengeluhkan ujian SIM yang diberikan oleh pihak kepolisian. Foto-foto/DOK. ANTARA
A A A
JAKARTA - Banyak pengendara sepeda motor mengeluhkan metoda ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dilaksanakan pihak kepolisian karena sering gagal lulus. Banyak yang mengeluh metoda ujian yang dilakukan tidak masuk akal.

Contoh yang dikeluhkan adalah mengendari motor dengan zig-zag dan membentuk angka 8 di jalur sempit. Menurut mereka hal itu sangat sulit dilakukan oleh siapa pun.

Sebagian bahkan membandingkannya dengan ujian SIM di negara lain. Misalnya di Taiwan yang lebih mengedepankan ujian dengan metoda simulasi berkendara seperti di jalan raya.

Satrio Nugroho, Safety Riding Analyst PT Astra Honda Motor ( AHM ) memahami adanya kritikan tersebut. Hanya saja menurut dia metoda yang dilakukan oleh pihak kepolisian justru sama dengan tes yang dilakukan di negara lain.



Ini Jawaban Mengapa Banyak Pengendara Motor Gagal Lulus Ujian SIM


"Setahu saya ujian SIM motor yang ada di kita meniru dengan apa yang ada di Belanda. Jadi mengenai metodanya memang sangat beragam. Ada juga yang sama seperti di Taiwan," ujar Satrio Nugroho.

Dia melanjutkan pelatihan safety riding yang ada di Safety Riding Park PT Astra Honda Motor juga menerapkan beberapa metoda yang dijalankan oleh pihak kepolisian. Misalnya zig-zag dan membuat angka 8 di jalur yang sempit.

"Hal itu dilakukan untuk mendapatkan kepekaan terhadap pengemudi dan motornya. Jadi bukan sekadar untuk bikin sulit," jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)