Pengguna Mobil Pikap di AS Beralih ke SUV

Selasa, 14 Februari 2023 - 13:51 WIB
loading...
Pengguna Mobil Pikap di AS Beralih ke SUV
Salah satu mobil jenis pikap yang beredar di Amerika Serikat. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
NEW YORK - Tren peningkatan kepemilikan SUV yang terjadi di seluruh dunia kini mulai mempengaruhi segmen truk pikap besar yang telah mendominasi pasar Amerika Serikat.



Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh S&P Global, segmen truk pikap ringan ukuran penuh dan truk pikap setengah ton mulai menyusut ke level terendah yang pernah tercatat sejak kuartal ketiga (Q3) tahun 2012.

Penurunan tren tersebut mulai terlihat sejak kuartal II 2020 yang menunjukkan banyak konsumen yang dulunya memiliki truk berukuran setengah ton atau full size memilih bermigrasi ke sport utility vehicle (SUV) sebagai kendaraan utamanya.

Di puncak popularitasnya, segmen truk pikap pernah mendominasi hingga 12,2 persen pasar Amerika Serikat, sebelum angka tersebut turun menjadi 7,8 persen pada Q3 2022 dan 7,5 persen pada Q4 tahun yang sama.

Seperti dilansir dari Carscoops, ini adalah persentase terkecil yang pernah tercatat untuk segmen truk pikap sejak 2012 (7,4 persen).

Meski mengalami penurunan penjualan secara keseluruhan, truk pikap masih akan menjadi model terlaris di Amerika Serikat sepanjang tahun 2022.

Terbukti dengan capaian penjualan truk pikap populer Ford F-Series yang tetap menjadi model terlaris selama 41 tahun berturut-turut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)