Tercium Bau Gosong di Dalam Mobil, Ini yang Harus Anda Cek!

Rabu, 15 Februari 2023 - 16:06 WIB
loading...
Tercium Bau Gosong di Dalam Mobil, Ini yang Harus Anda Cek!
Ada beberapa hal yang harus diperiksa ketika mobil Anda tercium bau gosong. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bau gosong yang tercium di dalam mobil bisa berbahaya. Sebab, besar kemungkinan terjadi kerusakan mekanis yang serius di kendaraan.

Karena itu, apabila tercium bau gosong di mobil, ada beberapa komponen yang harus diperiksa. Demikian dilansir dari Auto2000:

1. Kopling dan rem
Jika Anda mencium bau hangus ketika mengganti gigi mobil, kemungkinan kopling mobil bermasalah. Bisa juga bantalan rem mobil rusak. Penyebabnya, Anda menginjak pedal kopling terlalu keras. Sehingga menghasilkan gesekan antara facing kopling dan tergelincir.

Jika Anda menekan rem terlalu keras, bantalan rem akan terlalu panas sehingga menimbulkan bau hangus. Sebaiknya Anda menurunkan gigi untuk mengatasinya. Mungkin juga rem terseret karena kaliper rem mobil tertahan.

Salah satu cara untuk memeriksa bantalan rem adalah dengan merasakan apakah ada roda mobil yang panas. Jika tidak ada, kemungkinan kopling mobil yang terlalu panas.

2. Rem tangan
Jika mobil Anda masih memakai rem tangan model tarik, segera cek. Pastikan rem tangan Anda tidak terpasang selagi menyetir. Ini bisa membuat rem bergesekan dan menimbulkan bau seperti hangus.

2. Suhu mobil
Cek suhu mobil. Jika mesin mobil cepat panas dibandingkan biasa, cek apakah ada oli yang bocor ke blok mesin. Oli mobil Anda mungkin perlu diganti.
Anda juga dapat mengecek minyak kopling menggunakan dipstick (tongkat pengukur kedalaman oli).
Jika minyak kopling mobil tinggal sedikit, bau hangus dapat muncul karena gigi terlalu panas akibat tidak dilumasi dengan baik.

3. Selang longgar
Jika bau hangus lebih mirip bau karet terbakar alih-alih oli terbakar, coba buka kap mobil mobil dan periksa apakah ada slang yang longgar.
Kemungkinan selang menyentuh bagian mesin yang panas. Terkadang, bau oli berasal dari crankshaft seal (kruk as) yang bocor.



4. Periksa cairan pendingin mobil
Jika mobil Anda berbau seperti sirup setelah mesin dipanaskan (atau bahkan beberapa menit setelah dimatikan), sebaiknya Anda segera menanganinya.
Bau ini dapat menandakan kebocoran yang menjadi penyebab air radiator cepat habis. Oleh sebab itu, sebaiknya mobil Anda diperbaiki olehprofesional.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)