Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Kamis, 16 Februari 2023 - 09:58 WIB
loading...
Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa
Chery Omoda 5 menawarkan desain futuristik, fitur canggih, dan kemewahan SUV 5 penumpang. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Perjumpaan SINDONews dengan Chery Omoda 5 terbilang singkat, hanya sekitar 1,5 jam. Tapi, sudah cukup untuk mendapatkan impresi awal terkait apa yang jadi keunggulan SUV 5-penumpang terbaru andalan Chery di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 itu.

Omoda 5 diposisikan diatas Cherry Tiggo 7 Pro dan dibawah Chery Tiggo 8 Pro dengan perkiraan banderol antara Rp380 juta-Rp450 jutaan. Cherry Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro sudah dijual sejak akhir 2022 silam dan klaim PT Chery Motor Indonesia (CMI) mendapatkan respons yang sangat positif.

Omoda 5 yang sudah bisa dipesan di IIMS 2023 dirancang sebagai produk global. Artinya, model ini memang ditujukan untuk pasar internasional. Bakal dijual di negara-negara Asia, Australia, juga Eropa. Nah, seperti apa kesan mengemudi Omoda 5?

1. Gril Heboh, Eksterior Mewah dan Sporty
Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Hal pertama yang menarik perhatian dari Chery Omoda 5 adalah grillnya yang sangat heboh. Gril berbentuk trapesium yang sangat lebar itu memiliki “berlian” di dalamnya.

Gril berukuran masif dan heboh ini memang jadi senjata pabrikan Jepang premium seperti Lexus di beberapa modelnya.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Dari depan, mobil ini terlihat catchy dan sangat futuristik. Chery menyebut konsep desainnya sebagai Art in Motion, gagasan bahwa desain fungsional juga bisa menjadi sangat indah.

Chery Omoda 5 ini memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm. Sedikit lebih besar dibanding Honda HR-V, meski mengusung jarak sumbu roda serupa 2.630 mm.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Di bawah bonnet ada daytime running lamp (DRL) LED sipit yang tajam. Sementara lampu LED utama ada di sisi kiri dan kanan bemper, meski fog lamp masih reflektor. Pemanis, ada kombinasi warna hitam dan oranya dibemper bagian bawah.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Di samping, aksen kombinasi hitam-oranye ditemukan di spion, side skirt, juga velg. Velgnya lebar, menggunakan desain model bintang dengan ukuran 18 inci serta ban 215/55.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Siluet bodi Omoda 5 terbilang ramping, dengan garis bodi yang tertarik ke arah lampu belakang yang cukup lebar dan memanjang. Desain buritannya sangat modern dan enak dilihat. Sepintas mirip Lexus RX 2023.

Ada dua muffler ganda ala mobil Eropa. Sayangnya, hanya pajangan karena Omoda 5 hanya memiliki kenalpot tunggal.

Menurut SINDONews, Omoda 5 mengusung konsep desain yang “berani”. Tapi, tidak terlihat berlebihan atau norak. Kesan elegan dan sportnya menonjol.

2. Dimanjakan dengan Interior
Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Masuk ke dalam interior, pengguna Chery Omoda 5 akan dimanjakan dengan berbagai kemewahan. Setir kulit dan flat-bottomed steering wheel membuat kegiatan mengemudi menjadi sangat nyaman. Ada logo Chery besar di tuas kemudinya. Tombol-tombol pengaturan di setir juga berlimpah.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Setir Omoda 5 yang sangat mewah.

Pegangan pintu sudah dilapis kulit. Tapi, doortrim masih plastik dengan sedikit aksen kayu. Favorit SINDONews adalah desain jok semi-bucket Omoda 5 yang mewah dan empuk. Nyaman sekali. Pengaturan jok pengemudi dan penumpang pun sudah elektrik.

Ada dua cup holder dan ruang penyimpanan cukup lega. Tombol-tombol di konsol tengah cukup banyak. Antara lain Electric Parking Brake (EPB), Auto Hold, lampu hazard, Home, kamera, dan Mode berkendara. Semua mudah terjangkau dengan sentuhan jari.

Menariknya, ada tombol dial untuk menyalakan head unit yang bisa diputar untuk menaikkan dan menurunkan suara. Praktis!

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Tuas perseneling dan tombol-tombol yang mudah di akses.

Tuas perseneling sangat berbeda dengan Tiggo 7 Pro dan 8 Pro. Lebih lebar, dengan bantalan empuk dipermukaannya untuk sandaran tangan. Pengguna juga mendapatkan sunroof elektrik yang bisa dibuka lewat tombol atau perintah suara.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Kursi di bagian belakang tidak begitu luas, tapi tetap empuk dan nyaman. Begitupun ukuran bagasinya juga tidak terlalu lebar.

3. Fitur dan Kecanggihan
Chery sangat pede dengan kecanggihan Omoda 5 dibanding kompetitor sekelas. Apa saja yang menarik?

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Kombinasi layar berukuran 20,25 inci yang terasa sangat lebar.

Pertama, head unit 10,25 inci layar sentuh dan 10 inci meter cluster membentang di dasbor. Kedua layar tersebut terlihat menyatu. Ini jadi nilai plus, karena selain resolusinya tajam juga sangat interaktif.

Pengguna juga sudah mendapat kamera 360 rear view, seperti di Tiggo 7 Pro dan 8 Pro.

Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Wireless charging yang sangat lebar untuk meletakkan smartphone.

Lalu di konsol tengah ada tempat wireless charger yang sangat lebar. Strategi ini cukup unik, karena sebenarnya jadi pemborosan tempat.

Kecanggihan fitur Omoda 5 lainnya adalah automatic driving, electronic power steering (EPS), lane keeping system, traffic signal recognition system (TSR), adaptive cruise control (ACC), cruise assist, serta sistem Advance Driving Assistance System (ADAS) dan sistem perintah suara (voice command).

4. Kesan berkendara
Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Mesin1.500 cc, 4 silinder, Turbo Chery Omoda 5.

Omoda 5 memakai mesin serupa Tiggo 7 Pro, yakni 1.500 cc, 4 silinder, Turbo. Mesin ini memiliki tenaga 155 HP dan 230 Nm. Lebih tinggi dibandingkan Honda HR-V non turbo dengan 119 HP dan 145 Nm, tapi masih kalah dari Honda HR-V turbo dengan 175 HP dan 240 Nm.

Kinerja mesin disalurkan melalui transmisi otomatis CVT dengan 9-percepatan. Chery Indonesia juga menyuguhkan garansi hingga 10 tahun atau pemakaian 1 juta km.

Dalam waktu yang cukup singkat itu, Omoda 5 terasa asyik untuk dikendarai. Walau ada jeda, tapi tarikan awalnya responsif. Bodi roll mobil ini juga minim karena bodinya sendiri terbilang cukup ringkas. Beberapa kali SINDONews melakukan manuver yang cukup tajam, dan mobil terasa “nurut”.
Respons setir juga akurat. Pedal gas model “piano” cepat terbiasa.

Omoda 5 memang tidak memiliki pedal shift atau triptronic. Tapi, pengguna bisa beralih mode berkendara dari Eco ke Sport dengan satu sentuhan tombol. Di satu sisi terasa lebih praktis. Di mode Sport, torsi terasa sekali lebih tinggi. Sehingga lebih nyaman saat harus menyalip atau butuh akselerasi spontan.



5. Kesimpulan
Kencan Singkat dengan Chery Omoda 5, SUV China Rasa Eropa

Chery Omoda 5 memberikan opsi baru bagi konsumen terhadap SUV 5 penumpang yang mewah. Foto-foto: Sindonews/Danang Arradian

Chery Omoda 5 memberikan paket yang cukup lengkap. Desain yang mewah dan futuristik. Interior yang nyaman dan kaya fitur. Teknologi canggih, juga mesin yang bertenaga.

Desain, fitur, dan kualitas yang diberikan Chery sebenarnya terasa mewah. Sudah meninggalkan kesan bahwa produk China itu “murahan”.

Tidak hanya lewat Omoda 5, tapi dengan Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro, Chery berusaha memberi diferensiasi bahwa mereka adalah pabrikan China yang menawarkan fitur dan harga yang premium. Merek China yang produknya sudah setara dengan merek global lainnya.

Hal ini mungkin perlu waktu bagi pasar Indonesia untuk “mencerna”-nya. Sebab, secara merek mereka masih terbilang sangat baru. Mengingat baru kembali lagi ke Indonesia pada 2022 setelah hengkang di 2013 silam.

Karena itu, Chery masih butuh banyak pembuktian di Indonesia. Konsumen yang membeli Chery sekarang, adalah mereka yang memang benar-benar suka dengan fitur dan produknya. Juga, yang tidak terlalu loyal denganmerektertentu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3482 seconds (0.1#10.140)