10 Tips Beli Mobil Bekas, Pahami Agar Tidak Kecewa

Selasa, 21 Februari 2023 - 18:38 WIB
loading...
10 Tips Beli Mobil Bekas, Pahami Agar Tidak Kecewa
Terdapat sejumlah tips beli mobil bekas yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tips beli mobil bekas yang bisa diketahui. Dengan memahaminya, Anda tidak perlu khawatir bila merasa kecewa di kemudian hari.

Tips beli mobil bekas untuk pemula yang sangat perlu diperhatikan adalah tentang kualitas dan riwayat pemakaiannya. Membeli mobil seken memang butuh kehati-hatian dan wajib teliti, karena jika tidak maka akan merasa kecewa pada akhirnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni melihat kondisinya, janganlah pilih mobil yang bekas terendam banjir, bekas tabrakan parah, bahkan mobil curian. Hal ini tentu saja akan menjadi sebuah masalah besar di kemudian hari. Oleh karena itu dibutuhkan tips sebelum membelinya.

Baca juga : Mitsubishi Buka Layanan Mobil Bekas Tersertifikasi

Berikut sepuluh tips beli mobil bekas agar tidak merasa kecewa di kemudian hari.

1. Mengenal harga pasaran mobil sebelum membeli

Sebelum membeli mobil diusahakan mengetahui harga mobil di pasaran. Caranya dengan melihat harga mobil sejenis dengan tahun pembuatan yang sama dan penjualnya masih berasal dari satu daerah.

2. Mengetahui sejarah pemakaian mobil sebelumnya

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap kendaraan pasti mempunyai riwayat yang berbeda-beda. Sejarah pemakaian bisa dilihat dari sekilas kondisi interior dan eksteriornya. Sementara itu untuk kondisi mobil secara mendalam bisa dicek oleh mekanik atau rekan.

3. Cari mobil yang sesuai dengan kebutuhan

Carilah mobil yang sesuai dengan kebutuhan saja. Jika ingin membeli mobil yang bisa mengangkut seluruh keluarga bisa pilih MPV atau SUV 7 seater. Sedangkan jika ingin digunakan di perkotaan gunakanlah city car.

4. Periksalah surat-surat kendaraan

Pastikan STNK dan BPKB sesuai dengan plat mobil dan juga cek nama pemilik mobilnya. Dengan melalui BPKB, pembeli akan mengetahui apakah kendaraan tersebut pernah diperjualbelikan atau masih dalam tangan pertama.

5. Mencocokan nomor rangka dan mesin

Tips membeli mobil selanjutnya yakni dengan mengecek nomor mesin dan rangka pada mobil. Pastikan nomor yang tertera pada mobil adalah sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan.

Baca juga : Inden Mobil Relaksasi PPnBM Untungkan Pedagang Mobil Bekas

6. Jangan terburu-buru membayar

Untuk menghindari penipuan, janganlah terburu-buru untuk melakukan pembayaran. Pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraan sudah memenuhi standar kualitas dan aman.

7. Tanyakan kunci cadangan

Pada saat pengecekan kendaraan, tanyakan pula keberadaan kunci cadangannya. Keberadaan kunci cadangan sangat berguna terutama pada mobil yang sudah dilengkapi dengan immobilizer.

8. Cek riwayat servis melalui aplikasi

Mengecek riwayat servis merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan pada saat hendak membeli mobil bekas. Dengan begitu calon pembeli akan secara langsung mengetahui jenis perbaikan atau penggantian spare parts yang pernah dialami.

9. Test drive di jalanan yang beragam

Momen test drive menjadi salah satu tips yang wajib dilakukan saat hendak membeli mobil bekas. Pada kesempatan test drive dapat dimanfaatkan untuk merasakan posisi duduk, kestabilan laju mobil, perpindahan transmisi dan juga response pedal gas.

10. Memerhatikan Indikator di Panel Instrumen

Tips beli mobil bekas terakhir yakni memperhatikan dengan seksama indikator di panel instrumen. Mobil modern saat ini telah dilengkapi dengan indikator panel yang menggambarkan kondisi mesin. Calon pembeli bisa memperhatikan lebih dahulu kondisi mesin melalui indikator.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)