IIMS 2023 Dorong Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia

Senin, 27 Februari 2023 - 06:45 WIB
loading...
IIMS 2023 Dorong Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia
IIMS 2023 mendorong adopsi kendaraan listrik di Indonesia, seiring banyaknya model dan varian yang dipamerkan. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 16-26 Februari tahun ini istimewa karena meningkatnya porsi kendaraan listrik yang dipamerkan, baik mobil atau motor.

”Dibandingkan tahun lalu, banyak sekali peningkatan. Misalnya, tahun lalu baru satu mobil listrik. Sekarang sudah ada Wuling Air ev, MG dan Toyota, dan lainnya,” ungkap Rudi MF, Project Manager IIMS 2023.

Rudi sendiri mengaku senang dengan tren kendaraan listrik yang ada di pameran tahun ini. ”Saya senang dengan antusiasme pabrikan roda dua maupun roda empat yang memperkenalkan model terbaru mereka,” ungkapnya.

Di IIMS 2023 , ada sejumlah produsen yang meluncurkan mobil listrik mereka, seperti MG4 EV dan Esemka Bima EV yang mulai dijual di Indonesia. Sementara DFSK Glory E3 baru diperkenalkan dan tes pasar.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia sedang mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik. Selain ramah lingkungan, ini juga dilakukan untuk menekan anggaran subsidi yang semakin meningkat untuk bahan bakar minyak (BBM).

Sekadar informasi, tahun lalu subsidi untuk BBM jenis Pertalite dan Solar membengkak hingga Rp600 triliun dari anggaran awal sebesar Rp400 triliun.
Ini yang mendorong pemerintah untuk melakukan percepatan peralihan ke kendaraan dengan energi baru terbarukan.

Pada IIMS 2022, penjualan mobil listrik memang mengalami peningkatan signifikan setelah Hyundai meluncurkan Ioniq 5. Kendaraan ramah lingkungan tersebut menjadi idola konsumen, bahkan sampai sekarang indennya mencapai setengah tahun.

“Kalau lihat IIMS 2022, satu brand kan sudah mem-publish angkanya itu yang mencetak transaksi tertinggi Hyundai, Rp1,2 triliun selama 11 hari. Di-break down mayoritasnya itu kendaraan listrik Ioniq,” ungkap Rudi.



Melihat jumlah penjualan tahun lalu, Rudi optimistis IIMS 2023 juga dapat meningkatkan penjualan kendaraan listrik. Terlebih dari pabrikan roda dua yang baru meluncurkan brand mereka di Indonesia dengan produk yang diyakini cocok untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

“Ada 12 brand motor listrik, mudah-mudahan (hasil) rekap nanti ada peningkatan. Bahkan, kalau melihat tren tahun lalu, beberapa brand sudah memisahkan kategori. Jadi rilis kontribusi varian ICE dan listriknya sudah bisa terlihat,”ucapnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)