Tak Biasa, Geely Dituduh Jiplak Desain Mobil China

Kamis, 02 Maret 2023 - 10:40 WIB
loading...
Tak Biasa, Geely Dituduh Jiplak Desain Mobil China
Geely Galaxy Light Concept pertama kali diluncurkan pada 23 Februari 2023 lalu. Foto/Paultan.
A A A
JAKARTA - Mobil China jiplak desain mobil luar negeri itu sudah biasa. Yang tidak biasa justru adalah mobil China menjiplak desain mobil perusahaan senegaranya.

Tuduhan itulah yang dilayangkan oleh perusahaan mobil China, Changan Automobile ke rekannya yang juga sesama produsen mobil, Geely. Tuduhan itu berawal ketika Geely meluncurkan mobil listrik konsep terbaru mereka Geely Galaxy Light Concept pada 23 Februari 2023 lalu.

Mobil listrik konsep tersebut diluncurkan sebagai awal baru merek mobil listrik lain yang ada di bawah Geely yakni Galaxy. Hanya saja sepekan berselang, Changan Automobile melalui kuasa hukum resmi mengajukan somasi ke Geely.

Mereka menuduh Geely dengan sengaja meniru desain mobil buatan Changan Automobile. Menariknya dalam surat somasi tersebut Changan Automobile justru sama sekali tidak menyebutkan mobil listrik apa yang ditiru desainnya.



Tak Biasa, Geely Dituduh Jiplak Desain Mobil China


Yang pasti menurut Changan Automobile seluruh desain Galaxy Light Concept benar-benar mirip dengan mobil mereka. Jadi mereka meminta agar Geely menghentikan segala bentuk promosi terhadap mobil listrik konsep tersebut.

Car News China menduga mobil listrik yang ditiru adalah Changan UNI-V. Hal itu terlihat dari desain grille depan Galayx Light Concept dengan Changan UNI-V yang memiliki kesamaan.

Dugaan plagiarisme juga menguat karena saat ini salah satu top eksekutif Geely pernah bekerja selama 20 tahun di Changan Automobile. Sosok itu adalah Chen Zhengcheng yang saat ini menjabat sebagai Vice President of Design Geely.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)