Suzuki V-Strom 800 DE Siap Masuk Pasar ASEAN Tahun Ini

Selasa, 07 Maret 2023 - 21:34 WIB
loading...
Suzuki V-Strom 800 DE Siap Masuk Pasar ASEAN Tahun Ini
Suzuki V-Strom 800 DE . FOTO/ RA
A A A
TOKYO - Suzuki menjadi salah satu pabrikan yang membuat kejutan di EICMA tahun lalu dengan memperkenalkan all-new Suzuki V-Strom 800 DE.



Untuk pertama kalinya, V-Strom tidak lagi ditenagai oleh mesin V-Twin melainkan ditenagai oleh platform paralel-kembar 776cc baru yang dikembangkan di Hamamatsu, Jepang.

Dalam perkembangan terakhir, diketahui sepeda motor tipe 'adventure' juga akan dipasarkan di negara ASEAN seperti Malaysia sekitar kuartal ketiga tahun ini.

Menariknya, beberapa praktisi media lokal juga pergi ke Italia untuk menguji mesin baru tersebut.

Meski bukan lagi V-Twin, penggunaan konfigurasi 'engkol 270 derajat' memastikan mesin paralel-kembar menghasilkan nada suara yang hampir identik dengan platform V-Twin.

Namun, beralih ke parallel-twin juga memungkinkan produksi mesin yang lebih kompak sehingga lebih cocok untuk 'bekerja', terutama saat berkendara 'off-road'.

Kemudian, untuk memastikan mesin beroperasi pada level optimal, sistem pendingin dioperasikan dengan dua cara.

Pertama, bagian radiator dilengkapi dengan System Inlet Control Thermostat Valve yang bekerja dengan menjaga suhu mesin tetap konsisten. Kedua, temperatur mesin tetap rendah dengan bantuan sistem pendingin cair yang kompak.

Pengoperasian transmisi manual 6 kecepatan menawarkan pergantian gigi yang mulus dibantu oleh sistem 'quickshifter' yang sama dengan yang ditemukan pada GSX-8S.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5184 seconds (0.1#10.140)