Mobil Anda Bunyi Gluduk-Gluduk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Rabu, 22 Maret 2023 - 20:07 WIB
loading...
Mobil Anda Bunyi Gluduk-Gluduk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!
Mobil yang bunyi gluduk-gluduk pasti punya masalah di kaki-kakinya. Foto: dok Daihatsu Indonesia
A A A
JAKARTA - Bunyi gluduk-gluduk pada kaki-kaki mobil memang menyebalkan. Apalagi, tahun ini Anda bersiap untuk pulang kampung lewat perjalanan darat. Karena itu, solusi dini sangat diperlukan. Jangan sampai perjalanan terganggu karena kondisi kaki-kaki mobil yang tidak prima saat melwati jalanan tidak rata.

Nah, berikut adalah penyebab dan solusi kaki-kaki mobil bunyi gluduk-gluduk menurut laman resmi Daihatsu:

1. Karet busing arm sudah tipis

BSA (Bushing Swing Arm) adalah komponen penahan getaran mesin dan ban. Biasanya, setiap produsen menempatkan empat komponen BSA di bagian depan dan belakang mobil.

Komponen ini berbentuk seperti botol. Di dalamnya ada pipa besi dilapisi karet. Ketika karet tersebut sudah menipis akibat lamanya proses penggunaan, maka bunyi gluduk-gluduk di bagian kaki-kaki mobil akan terdengar.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti komponen yang sudah aus tersebut dengan komponen baru.

2. Long tie rod aus

Long tie rod yang sudah aus atau rusak bisa jadi penyebab bunyi gluduk-gluduk. Kerusakan pada long tie rod ini terjadi karena faktor usia. Atau, cara mengemudi mobil yang ugal-ugalan ketika melewati jalanan rusak.

Sehingga komponen di dalam long tie rod saling bergesekan dan menabrak satu sama lain sehingga memperpendek usia komponen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu memperbaiki cara mengemudikan mobil.

Selalu kendarai mobil dengan kecepatan sedang atau lambat ketika melewati medan jalanan yang rusak. Jika komponen long tie rod sudah dirasa longgar, dan menimbulkan bunyi gluduk.

3. Bushing stabilizer sudah aus

Penyebab ketiga bunyi gluduk pada kaki-kaki mobil adalah keausan bushing stabilizer. Apabila komponen ini sudah aus, akan longgar. Hal tersebut terjadi akibat karet isolator pada bushing stabilizer juga sudah aus.

Seperti diketahui, fungsi karet tersebut untuk menghambat getaran dari link stabilizer agar getaran tersebut tidak dilanjutkan ke sasis mobil.

Solusinya, dengan mengganti komponen aus dengan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian baut pengikat ketika proses pemasangan.

4. Karet support shockbreaker sudah aus

Penyebab lain mobil gluduk-gluduk adalah keausan karet support shockbreaker. Seperti diketahui, fungsi karet ini sebagai peredam getaran ban mobil agar tidak diteruskan ke bagian bodi mobil ketika melewati jalanan yang rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tinggal menyetel ulang bagian baut pengikat agar kencang. Selain itu, Anda perlu melakukan penggantian komponen apabila kerusakan dinilai sudah tidak dapat di toleransi.


5. Daya pegas shockbreaker sudah mati

Penyebab paling bisa dirasakan ketika kaki-kaki mobil bunyi gluduk-gluduk adalah kerusakan shockbreaker. Kerusakan shockbreaker bisa ditandai dengan gaya pegas shockbreaker yang sudah tidak dapat memantul dengan baik.

Kondisi inilah yang menyebabkan bunyi gluduk-gluduk karena shockbreaker tidak dapat berayun dan meredam getaran dari roda mobil ketika melintasi jalanan yang rusak. Solusinya, ganti shockbreaker yang rusak denganyangbaru.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)