13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS

Senin, 03 April 2023 - 08:05 WIB
loading...
13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS
Perbedaan antara Honda Civic Type R (kiri) dan Honda Civic Turbo RS (kanan). Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda, juga mobil termahal yang dijual Honda di Indonesia. Bahkan, harganya 2x lipat lebih mahal dibandingkan Honda Civic Turbo RS yang dipasarkan di Indonesia.

Tentu, banyak yang penasaran, mengapa Honda Civic Type R dilego di harga Rp1.399.000.000 sementara Honda Civic Turbo RS dibanderol Rp601 juta? Nah, berikut perbedaannya:

1. Thailand dan Jepang

Honda Civic Turbo RS dan All New Honda Civic Type R sama-sama tidak diproduksi di Indonesia. Bedanya, Honda Civic Turbo RS diimpor utuh (CBU) dari Thailand. Sedangkan All New Honda Civic Type R diimpor dari Jepang.

2. Emblem Logo

13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS

Setiap varian Type R memiliki emblem logo Honda berwarna merah. Umumnya, logo ini hanya digunakan pada mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap. Sementara Honda Civic Turbo RS memiliki makna “Everyday Sport” atau mobil sporty untuk penggunaan sehari-hari yang saat ini.

3. Warna Jagoan

13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS

Varian All New Honda Civic Type R memiliki warna eksklusif yaitu Championship White yang diwariskan dari mobil balap F1 Honda. Sedangkan Honda Civic Turbo RS memiliki warna andalan Ignite Red Metallic.

4. Eksterior

Walau tampangnya mirip, tampilan eksterior All New Honda Civic Type R jauh lebih agresif dibandingkan Honda Civic Turbo RS. Baik dari fender depan, spoiler, termasuk Triple Outlet Exhaust (tiga knalpot) di tengah. Sedangkan knalpot Honda Civic Turbo RS terpisah di kedua sisi.

5. Velg

All New Honda Civic Type R menggunakan Alloy Wheel 19 inci berwarna Matte Black dipadu dengan ban berkarakter sport. Sedangkan Honda Civic Turbo RS memakai velg Alloy 17 inci dengan desain palang 5.

6. Interior

13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS

Interior All New Honda Civic Type R mencuri perhatian, lewat kursi serta karpet mobil berwarna merah yang mewah dan nyaman hingga ke kursi belakang. Area kokpit didominasi warna hitam dan merah.

Desain jok All New Honda Civic Type R menggunakan Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric berwarna vivid red. Kemudian desain roda kemudi menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah.

Adapun Honda Civic Turbo RS menggunakan jok maupun tuas kemudi dari kulit.

7. Nomor Seri Unik

13 Perbedaan Honda Civic Type R dengan Honda Civic Turbo RS

All New Honda Civic Type R disematkan plat nomor seri unik di setiap unitnya. Sehingga setiap kali duduk di dalam kokpit, akan diingatkan sebagai pemilik eksklusif All New Honda Civic Type R. Honda Civic Turbo RS tidak memiliki eksklusivitas ini.

8. Desain Head Unit dan MID

All New Honda Civic Type R menggunakan 10,2” TFT dan didesain secara eksklusif dimana twin-meter menggunakan jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R.

Fitur unik lainnya adalah G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil. Head unit dengan layar sentuh 9 inci pada All New Honda Civic Type R dapat digunakan untuk menikmati audio juga fitur Data LogR.

Honda LogR Datalogger System sebagai panduan berkendara yang juga dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5777 seconds (0.1#10.140)