6 Tips Bikin Sepeda Motor Hemat BBM, No 3 Sering Kelewat

Jum'at, 07 April 2023 - 19:10 WIB
loading...
6 Tips Bikin Sepeda...
Ilustrasi isi bensin. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi tujuan setiap pengendara. Tapi, itu tergantung dari berbagai faktor, mulai dari kondisi sepeda motor dan perilaku berkendara akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Saat ini, banyak model kendaraan yang sudah dilengkapi dengan teknologi untuk hemat BBM, tapi hal itu tidak cukup. Oleh sebab itu, para pengendara sebaiknya lebih tahu bagaimana membuat pemakaian BBM menjadi efisien.

Satu-satunya cara untuk menghemat adalah dengan memastikan sepeda motor kita dalam performa yang prima. Dengan menjaga sepeda motor dalam kondisi prima, pembakaran yang terjadi bisa efisien sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.



Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar motor selalu prima sehingga tidak boros BBM seperti yang dibagikan oleh Wahana Honda:

1. Rawat Busi

Busi merupakan salah satu komponen terpenting untuk pengapian pada kendaraan bermotor. Komponen memiliki fungsi memercikan bunga api untuk membakar udara dengan bahan bakar.

Jika pembakaran dalam kondisi sempurna, tenaga yang dihasilkan akan lebih optimal dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Ketika busi tak terawat, kinerjanya akan menurun.

Salah satu penyebabnya adalah penumpukan kotoran sisa pembakaran di ujung elektroda, sehingga busi tidak dapat menimbulkan api yang besar. Ini menyebabkan pembakaran kurang sempurna sehingga tenaga mesin tidak optimal.

2. Rutin Bersihkan dan Ganti Filter Fuel Pump
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2879 seconds (0.1#10.140)