Ini Penyebab Ban Mobil Berdecit saat Belok

Rabu, 12 April 2023 - 17:49 WIB
loading...
Ini Penyebab Ban Mobil Berdecit saat Belok
Ban mobil berdecit ketika berbelok memang tidak mengindikasikan suatu bahaya atau masalah besar pada kendaraan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ban mobil berdecit ketika berbelok memang tidak mengindikasikan suatu bahaya atau masalah besar pada kendaraan . Namun suara berdecit tersebut kerap mengganggu fokus berkendara.

Umumnya suara ban mobil berdecit ini menandakan adanya suatu masalah ringan yang berkaitan dengan sistem penggerak kendaraan.


4 Penyebab Ban Mobil Berdecit saat Belok

Terdapat empat penyebab mengapa ban mobil berdecit ketika berbelok. Mulai dari kurangnya tekanan ban hingga jenis ban yang lunak.

1. Kurangnya Tekanan Ban

Ketika tekanan ban kurang maka cengkraman ke jalan akan jauh lebih besar ketimbang standar normal. Hal inilah yang memicu suara berdecit pada ban mobil.

Bila tekanan ban sesuai rekomendasi yang telah ditetapkan, kemungkinan ban mengeluarkan suara berdecit akan berkurang. Sehingga bila ada suara berdecit, pengendara perlu mengecek tekanan ban terlebih dahulu.

2. Sudut Belok Terlalu Besar

Sudut belok stir yang terlalu besar akan membuat ban tidak mampu mengikutinya. Sehingga, potensi kehadiran suara mendecit akan bertambah besar. Kondisi ini biasa terjadi di mobil generasi lama yang masih menggunakan baut penyetel pitman arm.

Namun di mobil keluaran terbaru, potensi kehadiran suara mendecit akibat rolling camber yang berubah bisa dihindari dengan steering rack yang menjaga sudut belok mobil sesuai standar.


3. Terdapat Masalah pada Alignment

Masalah pada alignment ini berarti terkait dengan sudut roda kemudi. Bila sudut tersebut tidak lurus maka akan memicu suara mendecit dari ban ketika dipakai berbelok.

Untuk menghindarinya, lakukan spooring secara berkala di bengkel terpercaya. Langkah ini dapat menjaga alignment benar-benar tepat dan tidak miring.

4. Compound Ban Lunak

Jenis compound ban bermacam-macam, ada yang lunak dan juga keras. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan jenis ban yang diproduksi. Seperti soft compound lebih sering dipakai untuk ban performa tinggi.

Compound ban yang lunak membuat roda akan lebih kuat dalam mencengkram jalan. Sehingga membuat akselerasi semakin baik. Namun, bila digunakan di permukaan tak berpori seperti di atas tegel atau keramik, ban akan mengeluarkan suara berdecit.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3882 seconds (0.1#10.140)