Perkembangan Sejarah Bus di Indonesia Mulai 1912 hingga Sekarang

Sabtu, 15 April 2023 - 21:25 WIB
loading...
Perkembangan Sejarah Bus di Indonesia Mulai 1912 hingga Sekarang
Perkembangan sejarah bus di Indonesia sudah ada sejak awal 1900an. Foto: Instagram bus klasik
A A A
JAKARTA - Perkembangan sejarah bus di Indonesia menarik untuk diketahui. Perusahaan bus pertama di Indonesia adalah Pengangkutan Djawatan Automobil (PDA) yang didirikan pada 1912 oleh pemerintah kolonial Belanda di Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

PDA memiliki rute antara Bandung dan Lembang. Sementara bus pertama yang dioperasikan adalah bus buatan Belanda yang dikenal sebagai "Auto Tram".

Sejak itu, perusahaan bus di Indonesia terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi yang penting dalam menghubungkan berbagai daerah di seluruh negeri. Sejak pendirian PDA, bisnis transportasi bus terus berkembang di Indonesia.

Pada 1932, perusahaan bus swasta pertama, yaitu Aneka Motor, didirikan di Bandung, Jawa Barat.

Pada 1946, perusahaan bus swasta lainnya, PO (Perusahaan Otobus) Aneka Djaja, didirikan di Surabaya, Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan bus swasta lainnya bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Beberapa perusahaan bus terkenal yang didirikan pada masa itu antara lain PO Haryanto di Solo, Jawa Tengah (1946), PO Sumber Alam di Sumedang, Jawa Barat (1955), serta PO Gunung Harta di Jakarta (1960).

Perusahaan-perusahaan bus ini mengoperasikan berbagai rute dalam dan luar kota, serta menjadi salah satu sarana transportasi umum yang penting bagi masyarakat.

Terbentuknya Perum Damri

Perkembangan Sejarah Bus di Indonesia Mulai 1912 hingga Sekarang

Pada 1971, pemerintah Indonesia mengambil alih sebagian besar perusahaan bus swasta, dan membentuk Perum Damri (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia) sebagai perusahaan bus milik negara.

Damri kemudian menjadi salah satu perusahaan bus terbesar di Indonesia yang mengoperasikan bus antarkota, bus bandara, dan bus kota di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Sejak itu, industri transportasi bus di Indonesia terus berkembang, dengan munculnya banyak perusahaan bus swasta baru serta modernisasi armada bus dengan teknologi yang lebih canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)