Truk Canggih Buatan China Ini Bikin Drone dan Jet Tempur Tak Berkutik

Minggu, 23 April 2023 - 09:08 WIB
loading...
Truk Canggih Buatan China Ini Bikin Drone dan Jet Tempur Tak Berkutik
YLC-12C truk canggih buatan China yang siap terjun di medan tempur. FOTO/ Stephard Media
A A A
BEIJING - China resmi memperkenalkan truk berteknologi anti radar canggih yang mampu melumpuhkan drone dan jet tempur yang masuk ke wilayahnya.



Truk tersebut adalah YLC-12C Medium-to-low-altitude Multifunctional C-Band Radar, yang resmi diperkenalkan pada The 10th World Radio Detection and Ranging Expo di Beijing pada 13 April 2023.

Seperti dilansir dari Eurasian Times Minggu (23/4/2023), truk dengan sistem radar konvensional yang dirancang untuk menghadapi pesawat tradisional cenderung gagal mendeteksi drone ini.

Untuk mengatasi ancaman drone, China Electronics Technology Group Corp (CETC) menampilkan untuk pertama kalinya sistem radar pemantauan dengan kemampuan jamming komunikasi.

Sistem radar YLC-12C dapat melacak, menemukan, dan mengganggu sinyal kendali jarak jauh dari drone musuh, yang akan mengalami perintah yang melemah, penurunan efisiensi transmisi informasi, dan akurasi navigasi yang rendah.

Dikutip dari Global Times, YLC-12C disebut mampu menipu drone dan membuatnya keluar jalur atau mendarat, sistem ini dapat dipasang pada kendaraan off-road, dipasang di darat, dipasang di kapal atau dibawa oleh infanteri, karena dapat melakukan deteksi multi metode di medan yang kompleks dan lingkungan elektromagnetik.

CETC juga menawarkan jenis three-sided array low-altitude monitoring radar yang mampu melawan target yang terbang rendah, lambat, dan kecil.

Berkat teknologi array digital tercanggihnya, radar ini secara bersamaan dapat mendeteksi dan melacak rudal jelajah terbang rendah, pesawat tempur, dan drone kecil, bahkan sangat kecil.

Dibawa oleh rantis sekelas truk 6×6, radar YLC-12C dapat ditempatkan di posisi kunci di sekitar kota, pembangkit nuklir, dan pusat populasi besar, kata pengembangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4636 seconds (0.1#10.140)