7 Tips Hindari Lubang Jalan, Pahami Agar Aman dalam Perjalanan

Kamis, 27 April 2023 - 17:10 WIB
loading...
7 Tips Hindari Lubang Jalan, Pahami Agar Aman dalam Perjalanan
Terdapat sejumlah tips hindari lubang jalan baik itu untuk pengendara mobil ataupun motor. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tips hindari lubang jalan baik itu untuk pengendara mobil ataupun motor. Dengan memahaminya, Andaa bisa tetap aman ketika berkendara.

Kondisi jalan berlubang memang selalu jadi momok bagi setiap pengendara, lantaran tidak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat adanya lubang di jalan ini.

Selain menjadi pemicu kecelakaan, lubang yang cukup dalam juga dapat memberikan dampak kerusakan pada kendaraan, terutama pada bagian pelek.


Tips Hindari Lubang Jalan

Berikut ini tujuh tips untuk menghindari lubang di jalan. Dimana kunci utamanya adalah harus tetap fokus dan konsentrasi ke jalan.

1. Menjaga Laju Kendaraan

Kontur jalanan berlubang umumnya sering dijumpai di daerah pelosok atau pada saat musim hujan. Untuk menjaga kendaraan terhindar dari lubang, sebaiknya pengendara selalu menjaga kecepatannya.

Jangan melaju terlalu cepat, karena kecepatan yang ideal dapat membuat kendaraan lebih mudah dikendalikan, dan lebih aman ketika menghindari lubang.

2. Menjaga Pandangan Selalu Fokus ke Depan

Pengendara juga harus selalu fokus dalam berkendara dan melihat jauh kedepan untuk memahami kondisi jalan.

Terlebih ketika berkendara malam hari atau kondisi hujan deras, maka pengendara harus ekstra hati-hati dan pandai-pandai dalam mengendalikan lampu jarak jauh dan jarak dekat.

3. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Sama halnya dengan tetap fokus, menjaga jarak dengan pengendara lain ini juga sangat penting ketika berkendara di jalan berlubang. Selain memberikan rasa aman pada pengendara, cara ini juga dapat mengurangi resiko benturan bila ada pengendara yang melakukan pengereman mendadak.

4. Hindari Pengereman Mendadak

Ketika melihat lubang sudah dekat, hindarilah untuk melakukan pengereman mendadak, karena dapat memicu kecelakaan beruntun bila terdapat banyak kendaraan di belakang. Karena itu penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain dan fokus ketika berkendara.


5. Perhatikan Kedalaman Lubang

Dalam perjalanan, pengguna jalan akan selalu dihadapkan pada pilihan antara melewati atau menghindari lubang. Sebelum menentukan pilihan, pastikan untuk memperhatikan terlebih dahulu lubang yang dihadapi.

Bila lubang tersebut memang berbahaya dan dapat memicu kecelakaan maka sebaiknya dihindari dan jangan diterjang.

6. Lakukan Pengereman Secara Halus

Bila pengendara dihadapkan dalam kondisi tidak dapat menghindari lubang, maka cobalah untuk melakukan pengereman halus dan jangan panik. Pengereman ini bertujuan untuk mengurangi dampak benturan nantinya.

7. Hindari Gesekan Dinding Ban dengan Pinggiran Lubang

Jika harus melewati lubang, maka pastikan bahwa telapak ban masuk secara merata ke dalam lubang. Hal ini berguna untuk menghindari ban yang masuk lubang terlalu ke pinggir, sehingga dinding ban akan tergesek pinggiran lubang.

Pergesekan antara pinggiran lubang dengan dinding ban inilah yang dapat membuat pelek ban cepat rusak nantinya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)