Cara Mudah Ganti Oli Sendiri, Biar Gak Kena Tipu Bengkel Nakal

Senin, 01 Mei 2023 - 18:08 WIB
loading...
Cara Mudah Ganti Oli Sendiri, Biar Gak Kena Tipu Bengkel Nakal
Ilustrasi ganti oli. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Oli merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor. Tugasnya untuk melumasi setiap komponen di dalam mesin agar tidak terjadi gesekan.

Menggantinya memang lebih baik di bengkal, tapi waspada, jangan sampai kena tipu seperti yang sedang viral di media sosial.

Seperti diketahui, video viral dari akun TikTok @echadama08 memperlihatkan sebuah bengkel di Sentul, Bogor, meminta bayaran jutaan rupiah. Padahal, awalnya dia hanya ingin mengganti oli saja karena motornya kesulitan berakselerasi.



Namun, mekanik bengkel tersebut mengatakan, bahwa motor harus turun mesin, karena ada kerusakan lain yang menyebabkan motornya tak nyaman dikendarai. Untuk memperbaiki motor tersebut, dia diminta Rp2,7 juta.

Merasa keberatan, dia meminta pihak bengkel untuk memasang kembali mesin motor seperti semula. Tetapi, bengkel tersebut meminta biaya jasa pasang sebesar Rp450 ribu, kepada sang pemilik motor.

Agar tidak kena tipu oleh bengkel nakal, memang ada baiknya mengganti oli sendiri di rumah, karena tak membutuhkan keahlian khusus. Caranya juga cukup mudah, seperti yang dibagikan oleh Federal Oil dan Honda Cengkareng berikut ini:

1. Siapkan oli mesin sesuai spesifikasi motor

Dalam memilih oli mesin, yang harus dipahami adalah mengetahui jenis oli yang dibutuhkan dan cocok untuk motor. Karena setiap motor memiliki karakteristik dan kebutuhannya masing masing dan disarankan menggunakan oli resmi pabrikan motor tersebut.

2.Siapkan alat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)