Tesla Klaim Model Y AWD Sebagai SUV Listrik Paling Efisien

Rabu, 03 Mei 2023 - 06:35 WIB
loading...
Tesla Klaim Model Y AWD Sebagai SUV Listrik Paling Efisien
Tesla mengklaim mobil listrik buatannya, Model Y adalah SUV listrik paling efisien. Tesla Model Y AWD menduduki peringkat teratas dengan efisiensi 4 mil per kilowatt-jam. Foto/Tesla/Insideevs
A A A
TEXAS - Tesla mengklaim mobil listrik buatannya, Model Y adalah SUV listrik paling efisien. Tesla Model Y AWD menduduki peringkat teratas dengan tingkat efisiensi 4 mil per kilowatt-jam.

“SUV elektrik paling efisien yang pernah dibuat,” sebut Tesla melalui akun twitter resmi dikutip dari laman insideevs, Rabu (3/5/2023). Tak lupa Tesla menyertakan daftar peringkat SUV listrik AWD paling efisien yang dijual di AS berdasarkan peringkat EPA mereka.

Tesla Model Y AWD menduduki peringkat teratas dengan peringkat efisiensi 4 mil per kilowatt-jam. Data ini jauh lebih tinggi daripada Volkswagen ID.4 (3,2 mil/kWh), Ford Mustang Mach-E (3,1 mil/kWh), Jaguar I-Pace (2,7 mil/kWh), dan Audi e-tron (2,6 mil/kWh).



Melihat peringkat terbaru di situs web EPA, varian Tesla Model Y model tahun 2023 yang paling efisien diberi peringkat 3,6 mil/kWh atau 28 kWh/100 mil. Meskipun itu tidak secara mendasar mengubah validitas klaim Tesla, Model Y tetap menjadi SUV AWD listrik paling efisien.

Klaim ini menunjukkan bahwa Tesla salah mencantumkan Model Y AWD dengan peringkat efisiensi 4 mil/kWh. Masalahnya adalah ada varian Model Y yang hampir mencapai 4 mil/kWh menurut peringkat EPA, tetapi saat ini tidak terdaftar di konfigurator online Tesla.

Menariknya, Tesla segera menjual Model Y yang lebih efisien di Amerika Serikat, yaitu Model Y Standard Range RWD bertenaga baterai LFP yang diluncurkan di Kanada baru-baru ini. Dengan paket baterai yang lebih kecil, versi baru bisa lebih efisien daripada trim RWD sebelumnya.

Meskipun memiliki sel baterai LFP lebih berat, Model Y Standard Range RWD bisa mencapai efisiensi lebih baik. Memang belum ada angka resmi, namun melihat semua angka efisiensi di atas sesuai siklus pengujian EPA, bisa diperkirakan akan lebih rendah.



Apa pun hasilnya, tidak mengubah fakta bahwa Tesla membuat SUV listrik paling efisien yang dijual saat ini. Mengingat SUV listrik jauh lebih efisien daripada kendaraan sejenis yang bertenaga mesin pembakaran internal.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5560 seconds (0.1#10.140)