Kupas Tuntas Faktor Kenyamanan Kereta Kencana Penobatan Raja Charles III

Kamis, 04 Mei 2023 - 12:34 WIB
loading...
Kupas Tuntas Faktor Kenyamanan Kereta Kencana Penobatan Raja Charles III
Kereta kencana Diamond Jubilee State Coach buatan Australia akan jadi kendaraan utama acara penobatan Raja Charles III. Foto/LBC
A A A
JAKARTA - Raja Charles III akan menjalani prosesi penobatan Raja Inggris pada 6 Mei 2023 nanti dengan menumpang kereta kencana, Diamond Jubilee State Coach. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan kereta kencana itu?

Raja Charles III diyakini melakukan hal yang baru dalam pemilihan kereta kencana Diamond Jubilee State Coach itu. Pasalnya berdasarkan tradisi, raja-raja Inggris selalu menumpang pada kereta kencana Gold State Coach.

Disebutkan Leading Britain's Conversation (LBC) Raja Charles III mendobrak tradisi itu karena alasan sentimental. Diamond Jubilee State Coach merupakan kereta kencana yang seluruh proses pembuatannya diawasi langsung oleh ibu dari Raja Charles III, Ratu Elizabeth II.

Diamond Jubilee State Coach selalu digunakan oleh Ratu Elizabeth II dalam segala aktivitasnya hingga meninggal dunia pada 8 September 2022. "Diamond Jubilee State Coach pertama kali digunakan oleh Ratu Elizabeth II ketika membuka sidang parlemen Inggris pada 2014," tulis LBC.

Namun ada alasan menarik lain yang disebutkan oleh Carscoops. Mereka justru mengatakan Raja Charles III memang sengaja memilih Diamond Jubilee State Coach ketimbang Gold State Coach berdasarkan pertimbangan kenyamanan.



Kupas Tuntas Faktor Kenyamanan Kereta Kencana Penobatan Raja Charles III


Kereta kencana Gold State Coach menurut mereka bukanlah kendaraan yang nyaman. Bahkan para raja-raja Inggris sempat mengeluhkan betapa tidak nyamannya berada di dalam Gold State Coach.

Raja William IV, yang berkuasa pada 1830-1837 mengatakan berada di Gold State Coach sama seperti ada di tengah laut dengan perahu karton. Hal yang sama dikatakan Raja George VI, 1936-1952, yang pernah mengatakan bahwa perjalanan dengan Gold State Coach adalah pengalaman yang paling tidak menyenangkan dalam hidupnya.

Hal itu berbeda dengan Diamond Jubilee State Coach. Meski sama-sama kereta kencana, Diamond Jubile State Coach dilengkapi berbagai fasilitas moderen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3448 seconds (0.1#10.140)