Sudah Balik ke Indonesia, Ini Modal Kuat Citroen Goda Konsumen

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:51 WIB
loading...
Sudah Balik ke Indonesia, Ini Modal Kuat Citroen Goda Konsumen
Citroen akhirnya balik lagi ke Indonesia bekerja sama dengan Indomobil Group. Foto/DOK. Indomobil Group
A A A
JAKARTA - Genap enam bulan sudah Citroen balik lagi ke Indonesia. Perkenalan kembali mobil Prancis itu diawali dengan pertemuan para eksekutif Citroen dengan sejumlah media di bilangan Sudirman, Jakartta pada 4 Oktober 2022 lalu.

Saat itu Citroen berjanji secepatnya memanjakan konsumen otomotif Tanah Air dengan model-model terbaru. Cuma butuh sebulan, Citroen benar-benar membawa tiga mobil sekaligus yakni Citroen C3, Citroen C5 Aircross, dan mobil listrik Citroen e-C4.

Sebuah langkah yang manis mengingat banyak pencinta Citroen terpaksa menahan diri sejak lama karena kehilangan Citroen. Tepatnya pada 1994 dimana PT Alun sebagai pemegang merek Citroen di Indonesia kala itu, tidak lagi memasarkan mobil-mobil berlogo unik itu.

“Berdasarkan tiga nilai dasar yang dianut, Citroen berkomitmen penuh untuk menyajikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan memberikan solusi cerdas melalui inovasi produk dan teknologi. Ketiga produk baru yang kami luncurkan hari ini, akan memberikan mobilitas penuh gaya dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas,” ujar Stefan Hutahayan, Business Development Head, Indomobil Group, distributor resmi Citroen di Indonesia kala itu.

Tiga mobil itu akhirnya jadi tinta emas Citroen dalam menandai lagi kiprah mereka di Indonesia. Modal yang cukup menarik untuk mewarnai industri otomotif Indonesia.

Hanya saja mobil baru bukanlah satu-satunya modal yang diandalkan oleh Citroen untuk memikat hati konsumen. Setidaknya ada tiga hal yang membuat Citroen patut diperhitungkan.

Pertama adalah sejarah yang kuat. Sejak pertama kali didirikan pada 1919 oleh Andre-Gustave Citroen, Citroen dikenal sebagai perusahaan otomotif kaya inovasi.



Sudah Balik ke Indonesia, Ini Modal Kuat Citroen Goda Konsumen


Tidak sedikit inovasi yang dicetus oleh Citroen di bidang keamanan, keselamatan dan kenyamanan berkendara. Dalam urusan kenyamanan, Citroen memiliki inovasi yang sangat penting dalam perkembangan otomotif yakni i sistem suspensi hidraulis.

Sistem suspensi itu menjadi yang terbaik dalam hal menyerap guncangan hingga saat ini. Dengan suspensi hidraulis, mobil-mobil Citroen dapat menjaga jarak konstan antara mobil dan jalan, terlepas dari jumlah muatan di dalam mobil.

Banyak yang mengatakan kenyamanan yang diberikan dari suspensi hidraulis ini sama seperti menaiki sebuah permadani terbang (flying carpet ride).

Cita rasa permadani terbang ini yang coba terus dipertahankan dan menjadi DNA Citroen hingga saat ini. Tidak heran jika produk-produk Citroen dikenal dengan kenyamanannya. Bahkan kenyamanan adalah landasan dari desain model baru apa pun melalui program Citroen Advanced Comfort.

Untuk menghadirkan kenyamanan yang optimal, Citroen juga menerapkan cocoon efect alias efek kepompong pada bagian kabin yang berfungsi menyekat kebisingan luar yang menyajikan suasana tenang di dalam kabin. Citroen Advanced Comfort juga diterapkan pada desain interior melalui desain bangku yang ergonomis, pengaturan pencahayaan yang baik, hingga fitur konektivitas, dan tersedianya ruang-ruang penyimpanan pintar di seantero kabin.

Selain sejarah dan inovasi, modal yang perlu dicermati dari Citroen adalah layanan terhadap konsumen yang canggih. Saat ini Citroen berupaya keras agar semua orang bisa memiliki mobil Citroen.

Hal itu dilakukan dengan memudahkan proses kepemilikan Citroen. Selain itu mereka juga memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk melihat dan melakukan transaksi pembelian kendaraan yang diinginkan secara online melalui perangkat digital yang inovatif.



Sudah Balik ke Indonesia, Ini Modal Kuat Citroen Goda Konsumen


Sarana digital ini dapat diakses baik melalui situs web Citroen Indonesia maupun di Citroen Experience Center yang mencakup 3D car configurator, e-quotation, dan area serah terima. Citroen Experience Center berlokasi di kawasan bisnis Grup Indomobil di Jakarta Timur.

Tan Kim Piauw, Advisory Board, Indomobil Group mengatakan saat ini Citroen berupaya jadi merek mobil pertama di Indonesia yang menerapkan proses pelayanan secara digital. Diharapkan dengan digitalisasi itu
calon pelanggan dapat dengan mudah mengakses Citroën dengan cara yang nyaman, praktis, kapan saja dan dari mana saja.

"Kenyamanan bagi pelanggan ini akan dilengkapi dengan perluasan jaringan penjualan kami di 12 outlet baru secara nasional pada akhir tahun 2023," katanya.

Akses digitalisasi yang ditawarkan Citroen juga sangat mudah. Calon pelanggan dapat merasakan perjalanan digital yang menyeluruh mulai dari visualisasi 360 derajat kendaraan Citroen yang diinginkan hingga finalisasi transaksi. Semuanya bisa dilakukan secara online.

Proses itu sendiri dimulai dengan dengan 3D car configurator, yang dapat diakses baik melalui website maupun showroom Citroën Indonesia. Di tahapan ini pelanggan dapat menyesuaikan kendaraan Citroen yang dipilih sesuai dengan keinginan dan selera pribadi.

Setelah menemukan konfigurasi kendaraan yang cocok, konsumen akan diarahkan ke fitur e-quotation, di mana mereka akan menerima surat penawaran untuk mobil yang dipesan melalui platform yang sama, di mana mereka dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan praktis.

“Sarana ini menyederhanakan proses pembelian karena pelanggan dapat menyelesaikan seluruh proses transaksi pembelian melalui situs web. Namun, bagi pelanggan yang masih lebih suka merasakan dan menyentuh langsung Citroen pilihannya sebelum menyelesaikan transakasi pembelian, tetap dapat mengunjungi Citroen Experience Center yang juga dilengkapi dengan perangkat digital yang diperlukan untuk memastikan pengalaman Citroën yang berkesan," ujar Tan Kim Piauw.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)