Bus Listrik Mobil Anak Bangsa, Punya Dashboard Canggih dengan Tombol dan Display Unik

Rabu, 10 Mei 2023 - 07:47 WIB
loading...
Bus Listrik Mobil Anak Bangsa, Punya Dashboard Canggih dengan Tombol dan Display Unik
Bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) memiliki tampilan menarik dan unik. Dashbord bus listrik buatan PT MAB termasuk canggih untuk ukuran sebuah bus. Foto/MPI-Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Dua tipe bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) memiliki tampilan menarik dan unik. PT Mobil Anak Bangsa (MAB) memiliki dua tipe bus listrik, yakni bus besar dan bus medium.

Salah satu yang menarik perhatian adalah bus besar berukuran 12 meter dengan kode MD12-E NF. Bus listrik yang pernah diuji coba sebagai bus Transjakarta ini mengadopsi konsep lantai tinggi atau high floor.

Wajar bila desain bodi bus memang mirip-mirip dengan bus Transjakarta yang ada saat ini. Begitu juga bagian interior yang memiliki konfigurasi kursi sama seperti yang ada di bus Transjakarta.



Bagian dashboard bus listrik justru jadi salah satu fitur yang menarik. Sebab, dashboard bus memiliki banyak tombol dan informasi display yang cukup berbeda dengan bus-bus kebanyakan.

Di bagian display itu, seperti bus pada umumnya, sopir bus listrik MAB bisa melihat odomoter dan kecepatan. Nah di bagian tengah-tengah display justru terdapat informasi penting mengenai baterai bus.

Di bagian tersebut terdapat kondisi pemakaian baterai. Selain itu sopir juga bisa melihat keadaan suhu yang terjadi di ruangan baterai.

Sopir juga tidak perlu khawatir soal jarak tempuh karena di bagian itu juga terdapat informasi kemampuan jarak tempuh bus listrik buatan MAB itu.

“Hanya saja kondisi jarak tempuh dari baterai akan dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya kondisi jalan serta cuaca,” terang Kelik Irwantono, Direktur Utama PT MAB, Rabu (10/5/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7500 seconds (0.1#10.140)