Mengenal 5 Keunggulan Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023

Kamis, 11 Mei 2023 - 18:25 WIB
loading...
Mengenal 5 Keunggulan Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023
Toyota bZ4X menjadi mobil resmi untuk mengantar delegasi dan tamu negara di KTT ASEAN 2023. Foto: dok TAM
A A A
LABUAN BAJO - Sebanyak 65 unit Toyota bZ4X digunakan Pemerintah Indonesia sebagai kendaraan resmi untuk mendukung mobilitas partisipan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT).

KTT ASEAN 2023 sendiri berlangsung sejak Selasa (9/5) hingga hari ini Kamis (11/5). Mobil berkelir hitam itu tampak berseliweran di jalanan Labuan Bajo, termasuk saat mengisi daya di area charging point(Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik/SPKL) yang berlokasi di Kantor Bupati Manggarai Barat NTT.

Kehadiran kendaraan elektrifikasi berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) itu merupakan wujud komitmen Indonesia sebagai ketua penyelenggara sekaligus tuan rumah ASEAN Summit untuk berpartisipasi mendukung upaya dekarbonisasi. Termasuk, menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang.

”Ini merupakan kali kedua Toyota bZ4X mendapat tugas kenegaraan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi, sebelumnya di KTT G20 Bali pada Oktober 2022 dan kini di ASEAN Summit,” beber Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

”Ini merupakan bentuk kontribusi dan komitmen kami mencapai target netralitas karbon yang telah ditentukan pemerintah lewat mobilitas bebas emisi,” tambah Anton.

Nah berikut adalah5 keunikan Toyota bZ4X yang digunakan untuk mengantar delegasi maupun tamu negara:

1. Aura SUV Kental
Mengenal 5 Keunggulan Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023

Dimensi Toyota bZ4X terlihat gagah dan sporty, apalagi dengan ground clearance tinggi 210 mm serta velg 18 inci. Artinya, tidak khawatir ketika melalui jalanan yang tidak rata dan bergelombang.

Bodinya penuh sudut-sudut lancip. Toyota menyebut konsep desainnya sebagai “hammerhead”. Toyota bz4X sendiri mengusung platform e-TNGA yang didesain khusus buat kendaraan listrik Toyota.

2. Ukuran Head Unit Besar

Interior Toyota bZ4X unik karena mengusung dua layar besar yang berada di dashboard tengah dan belakang kemudi dengan tampilan digital. Layar sentuh 12,3 inci itu dapat terhubung ke smartphone. Di bagian atap, hadir panoramic roof untuk membuat kabin terasa lebih lega.

Toyota bZ4X bisa menampung 5-orang dengan nyaman. Jika bangku baris kedua hanya diisi 2 orang, maka jok tengahnya bisa jadi arm rest sehingga penumpang tetap merasa sangat nyaman. Para delegasi KTT ASEAN 2023 juga bisa mengisi daya smartphone selama di perjalanan lewat wireless wireless charger di konsol tengah atau dua USB port di belakang.

Untuk mengangkut barang atau koper, Toyota bZ4X memiliki kapasitas bagasi 452 liter.

3. Toyota Safety Sense 3.0
Mengenal 5 Keunggulan Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023

Soal keselamatan, Toyota bZ4X sudah mengusung Toyota Safety Sense (TSS) versi 3.0 yang lebih canggih dibandingkan Toyota Veloz ataupun Camry. Salah satu fitur keamanan canggihnya adalah Pre-Collision System & Pre-Collision Brake Assist yang mengandalkan sensor radar dan kamera monokular untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil.

Mobil bisa mengerem otomatis untuk menghindari kecelakaan, bisa membaca marka jalan, mengatur antara menyalakan lampu utama dan lampu jauh sesuai kebutuhan, serta Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) untuk mengatur kecepatan mobil supaya konstan. Fitur-fitur keamanan ini membuat tamu negara merasa nyaman.

4. Jarak Tempuh
Mengenal 5 Keunggulan Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023

Untuk kapasitas baterai, Toyota bZ4X menggunakan lithium-ion 355,2 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterai terletak di bawah lantai kendaraan sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah.

Baterai itu mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Dengan sistem pengisian arus DC, mengisi daya sampai 80 persen hanya perlu 30 menit. Sekali mengisi baterai, mobil bisa menempuh hampir 500 km. Jadi, tamu negara tidak perlu sering-sering ngecas.

Baca Juga: Toyota C-HR Facelift Bakal Diluncurkan Tahun Depan

5. Performa
Mengenal 5 Keunggulan Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023

Toyota bZ4X dibekali motor listrik tunggal di roda depan. Motor listrik itu mempunyai tenaga maksimal 204 hp dan torsi 266 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 8,4 detik. Ada mode berkendara ECO untuk menghemat daya listrik dan SNOW untuk berkendara di medan off-road ringan.

Dengan spesifikasi diatas, harga Toyota bZ4X tembus Rp1,19 miliar(OTRJakarta).
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3748 seconds (0.1#10.140)