Benarkah Menyalakan AC Mobil Bikin BBM Boros? Simak Penjelasannya!

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:40 WIB
loading...
Benarkah Menyalakan AC Mobil Bikin BBM Boros? Simak Penjelasannya!
Benarkah penggunaan AC mobil bikin BBM lebih boros? Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Benarkah penggunaan AC mobil bikin BBM lebih boros? Pertanyaan ini mungkin kerap terlintas di pikiran sebagian orang. Khususnya mereka yang memiliki kendaraan seperti mobil .

Tak bisa dipungkiri, seiring waktu penggunaan AC pada mobil sudah menjadi hal biasa. Saat ini, hampir semua mobil telah dibekali komponen tersebut dengan tujuan membuat pengendara nyaman.

Namun, di balik manfaatnya yang beragam, penggunaan AC pada mobil juga kerap dikatakan membuat konsumsi BBM lebih boros. Benarkah demikian?


Apa AC Mobil Bikin BBM Lebih Boros?

Terkait pertanyaan seputar AC yang membuat bahan bakar mobil menjadi lebih boros, jawabannya adalah benar. Dalam hal ini, mobil dengan kondisi AC menyala lebih banyak mengonsumsi bahan bakar daripada mobil yang tidak menggunakannya.

Dilansir dari laman Suzuki, AC dapat menyebabkan konsumsi BBM lebih boros pada mobil. Terlebih, ketika pengendara menyalakannya di suhu paling dingin (rendah) dan jangka waktu lama.

Bukan tanpa alasan, saat AC mobil diatur menjadi suhu yang paling dingin, maka AC akan bekerja keras untuk mencapai suhu tersebut. Padahal, kinerja AC ini juga dibebankan pada mesin.

Sebagai hasilnya, mesin juga akan bekerja lebih keras lagi. Sehingga, tidak ada alasan untuk bahan bakarnya tak terkuras lebih banyak. Sederhananya, mungkin bisa diumpamakan seperti usaha keras juga membutuhkan tenaga yang ekstra.



Namun, pengendara sejatinya tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Dalam hal ini, terdapat sejumlah tips agar tetap bisa menggunakan AC tanpa harus takut boros bensin. Berikut di antaranya:

-Menaikkan temperatur di dalam kabin mobil apabila sudah terasa dingin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)