China Hadirkan Motor Kloningan Honda Africa Twin

Senin, 15 Mei 2023 - 15:55 WIB
loading...
China Hadirkan Motor Kloningan Honda Africa Twin
Motor China kembaran Honda Africa Twin. FOTO/ RA
A A A
BEIJING - Produsen motor asal China meluncurkan Honda Africa Twin, memiliki kloningan yang diberi nama Hengjian HJMoto HJ500-8.



Dilihat sekilas, itu seperti motor yang sama karena bukan hanya bentuknya, tapi livery yang dipakai juga serupa.

Seperti diketahui, Honda Africa Twin memang motor yang memiliki desain ikonik dari pabrikan asal Jepang itu. Bentuk bodi dan kemampuannya dalam melibas medan berat menjadi pilihan banyak orang yang senang bertuangan dengan kendaraan roda dua.

Melansir Rideapart, di atas kertas, HJ500-8 dibangun di atas platform yang familiar karena digunakan dalam berbagai motor produksi asal China. Sementara mesinnya diambil dari Loncin 471 cc, berpendingin cairan, fuel-injected, parallel-twin engine.

Pada dasarnya, ini merupakan mesin Honda CB500 yang direkayasa ulang, termasuk perpindahan gigi dan konfigurasi poros engkol 180 derajat.

Ini dilakukan agar mereka tidak terkena pelanggaran aturan hak cipta yang bisa diajukan oleh Honda.

Dari segi desain, terlihat bodywork yang terinspirasi dari reli dan facia depan yang terlihat seperti meniru Africa Twin, tetapi diubah sedikit demi perbedaan.

Meski tak terlihat bedanya, ada sedikit lekukan dekat lampu depan yang membuat kedua motor berbeda.

Pada bagian kaki-kaki, HJ500-8 dibekali roda depan sebesar 21 inci dan belakang 18 inci, yang menunjukkan gaya petualangan enduro sejati. Motor ini memiliki ground clearance 220 mm yang cukup untuk melibas medan berat.

Untuk travel suspensi diatur pada 170 mm di depan dan belakang, yang menjadi hal mengecewakan dari motor ini. Tetapi, seharusnya itu lebih dari cukup untuk melewati jalan yang cukup kasar dengan nyaman.

Di sisi fiur, Hengjian HJMoto HJ500-8 dibekali layar TFT tujuh inci full color. Bahkan memiliki kamera depan dan belakang bawaan yang memungkinkan pengendara merekam petualangannya.

Di atas semua itu, Hengjian memiliki kemampuan jarak tempuh yang besar dengan tangki bahan bakar ganda.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)