Perbedaan Pelat Mobil Cash dan Kredit yang Perlu Diketahui

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:21 WIB
loading...
Perbedaan Pelat Mobil Cash dan Kredit yang Perlu Diketahui
Perbedaan pelat mobil cash dan kredit menarik untuk diulas. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Perbedaan pelat mobil cash dan kredit terkadang membuat warganet bertanya-tanya. Apakah ada bedanya?

Pelat nomor merupakan salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor. Pelat nomor mobil cash dan kredit sebenarnya tidak memiliki perbedaan spesifik. Sebab, nomor pelat mobil tidak terkait dengan pembayaran mobil itu sendiri.

Namun, pembelian mobil secara tunai dan kredit memiliki perbedaan pada proses pembelian dan pembiayaannya, berikut adalah penjelasannya:

1. Pembelian Mobil Cash/Tunai

Pembelian mobil secara cash atau tunai artinya pembayaran dilakukan secara langsung dengan membayar sejumlah uang secara penuh, sehingga mobil akan menjadi milik pembeli secara langsung dan tidak terikat dengan perjanjian pembayaran berikutnya.

Dalam pembelian mobil cash, tidak ada kewajiban untuk membayar cicilan dan tidak ada bunga yang dikenakan. Sehingga pembeli dapat menghemat biaya bunga dan tidak terbebani dengan angsuran bulanan.

2. Pembelian Mobil Kredit

Pembelian mobil kredit artinya pembelian mobil dilakukan dengan cara mencicil pembayaran selama jangka waktu tertentu dengan membayar bunga. Pembelian mobil kredit melibatkan lembaga keuangan, seperti bank atau perusahaan pembiayaan, yang akan memberikan pinjaman kepada pembeli mobil untuk membeli mobil tersebut.

Pembeli mobil harus membayar angsuran bulanan yang telah disepakati selama jangka waktu tertentu hingga lunas. Setelah lunas, maka mobil baru menjadi milik pembeli.

Dalam pembelian mobil secara kredit, biasanya diberikan beberapa pilihan sistem pembayaran seperti uang muka (DP) dan jangka waktu cicilan. DP yang diberikan biasanya berkisar 20-30% dari harga mobil, sementara sisa pembayaran dilakukan dalam beberapa tahun sesuai kesepakatan. Selama masa cicilan, pembeli harus memperhatikan kewajiban membayar angsuran dan bunga pada waktu yang telah disepakati.



Dalam kesimpulannya, perbedaan antara pembelian mobil cash dan kredit adalah pada cara pembayaran dan pembiayaannya. Jadi tidak ada hubungannya dengan pelat nomor kendaraan.

Pembelian mobil secara cash melibatkan pembayaran tunai, sementara pembelian mobil kredit melibatkan sistem pembayaran cicilan dengan bunga yang harus dibayar oleh pembeli mobil.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2760 seconds (0.1#10.140)