Semakin Mesra, Rusia dan Iran Resmikan Koridor Transportasi Termegah Lintas Negara

Kamis, 18 Mei 2023 - 07:16 WIB
loading...
Semakin Mesra, Rusia dan Iran Resmikan Koridor Transportasi Termegah Lintas Negara
Rusia dan Iran Resmikan Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional. FOTO/TREND NEWS AGENCY
A A A
TEHERAN - Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri peluncuran jalur kereta api termegah Rasht-Astara di Iran pada Rabu (17/5/ 2023). jalur lalu lintas global.



Perkembangan teknologi transportasi ini mencakup spektrum yang luas dari berbagai aspek ekonomi, komersial, sosial, budaya, dan bahkan politik.

Seperti dilansir dari Sputnik, Kamis (18/5/2023) , Putin mengambil bagian dalam upacara penandatanganan perjanjian pembangunan rel kereta api itu, yang merupakan bagian dari Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional, melalui tautan video bersama dengan Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

“Saya ingin menekankan bahwa koridor transportasi Utara-Selatan yang unik, di mana kereta api Rasht-Astara akan menjadi bagiannya, akan membantu mendiversifikasi arus lalu lintas global secara signifikan. Transportasi di sepanjang koridor baru akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan,” kata Putin pada upacara tersebut.

Moscow berharap kesepakatan antara Rusia, Iran, dan Azerbaijan tentang kerja sama pengembangan transportasi kereta api dan kargo segera ditandatangani, tambah Putin.

Russian Railways, Pusat Teknik untuk Transportasi Kereta Api dan Knorr-Bremse tengah mengembangkan trainset yang akan mampu melaju dengan kecepatan tinggi hingga 400 km per jam.

Dengan adanya kemitraan ini diperkirakan kereta berkecepatan sangat tinggi pertama akan mulai beroperasi pada tahun 2026 mendatang.

Dalam pembuatan kereta berkecepatan tinggi tersebut, Knorr-Bremse akan menghadirkan pengalaman mereka tentang subsistem rolling stock untuk membantu menentukan spesifikasi teknis untuk trainset masa depan.

Diketahui Knorr-Bremse memasok subsistem untuk 16 traps Sapsan dari Siemens Mobility Velaro yang saat ini mengoperasikan layanan dari Moskow ke St Pertsburg dan Nizhny Novgorod dengan kecepatan hingga 250 km per jam dan 13 trainset lainnya tengah dalam pemesanan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2496 seconds (0.1#10.140)