Spesifikasi dan Fitur DFSK Seres E1, Mobil Listrik Paling Terjangkau?

Selasa, 23 Mei 2023 - 23:06 WIB
loading...
Spesifikasi dan Fitur DFSK Seres E1, Mobil Listrik Paling Terjangkau?
DFSK Seres E1 akan jadi mobil listrik penantang Wuling Air ev yang menawarkan dimensi ringkas dan harga terjangkau. Foto: dok DFSK
A A A
JAKARTA - Spesifikasi dan fitur DFSK Seres E1 menarik disimak. Sebab, ini akan jadi mobil listrik paling terjangkau di Indonesia dengan banderol Rp190 jutaan. Tentu saja, nantinya DFSK Seres E1 2023 akan mengganggu dominasi Wuling Air ev.

Seperti diketahui, Wuling merasakan manisnya penjualan Air ev. Ternyata, mobil listrik mungil ini sangat diminati oleh konsumen Indonesia.

Karena itu, DFSK Seres E1 juga bakal memiliki kans besar. Apalagi, harganya terbilang jauh lebih murah dibandingkan Wuling.

Harga termurah Wuling Air ev adalah Rp 243 jutaan. Nantinya, DFSK Seres E1 lebih murah hampir Rp50 juta. Bahkan, Seres E1 akan jadi mobil listrik pertama yang harganya dibawah Rp200 juta.

Nah, berikut fitur dan spesifikasi DFSK Seres E1:

1. Arti Seres

Seres diadopsi dari Bahasa Yunani yang memiliki makna negara Sutra, melambangkan Timur, dan memiliki arti kelas atas. “Seres saat ini sudah tersedia di beberapa negara di Eropa, Asia, serta Amerika,” beber Chief Operating Officer PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

2. Beda DFSK dan Seres
Spesifikasi dan Fitur DFSK Seres E1, Mobil Listrik Paling Terjangkau?

Bersama dengan DFSK, Seres akan berada dibawah PT Sokonindo Automobile. Artinya, perusahaan tersebut membawahi 2 merek kendaraan berbeda. DFSK fokus di mobil bensin atau internal combustion engine (ICE). Sedangkan Seres akan fokus pada kendaraan listrik.

3. Persiapan Diler dan Pabrik

Saat ini PT Sokonindo Automobile tidak hanya sedang menyiapkan penjualan, juga perbaikan dan perawatan kendaraan listrik, termasuk suku cadang original. Bahkan, Seres nantinya akan dirakit di pabrik mereka di Cikande, Serang, Banten.

4. Dimensi

Seres adalah mobil listrik mungil dengan dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm dan jarak sumbu roda 1.960 mm serta ground clearance 135 mm.

5. Bodi

Bodi Seres menggunakan high-strength steel cage frame. Kerangka longituginal membentuk kubah perlindungan dengan konsep “herringbone” struktur berlapis. Tujuannya untuk membuat kerangka struktur ganda yang melindungi baterai.

6. Baterai

Seres E1 memakai baterai Lithium Iron Phospate 16,8 kWh dipadu motor listrik Permanent Magnet Synchronous berdaya 30 kW dan torsi 100 Nm. Adapun jarak tempuh maksimalnya 220 km. Ada opsi berkendara Eco dan Sport.

7. Fitur keamanan

Seres E1 bakal memiliki fitur keamanan lengkap. Mulai ABS, EBD, Rear Parking Sensor, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Event Data Recording, TPMS, Air Bag System, ISO-FIX, High Voltage Safety Monitoring, dan lainnya.

8. Collision Power Failure Protection

Fitur keamanan unik dari Seres E1 adalah Collision Power Failure Protection. Yakni crash sensor yang berfungsi mendeteksi impact tabrakan serta sensor yang mengirimkan signal ke Air Bag system dan BMS untuk memutus sirkuit tegangan tinggi.

9. Interior

Seres E1 menggunakan headunit ukuran 8 inci, panel instrumen nya digital 7 inci, AC dengan touch panel, Smart USB charging, dan USB Interface.

10. Daya Angkut

Mobil tersebut hanya bisa mengangkut 4-orang, dengan jok belakang bisa dilipat rata lantai.

11. Hemat

Karena ukurannya mungil, mobil tersebut diklaim cuma butuh Rp130 per km atau setara Rp 28 ribu untuk menembuh jarak 220 km.

Baca Juga: Belum Ada Harga Resmi, Mobil Listrik Seres E1 Dipesan Puluhan Pembeli

12. Dua tipe

PT Sokonindo Automobile akan memasarkan Seres E1 dalam 2 opsi.

DFSK Seres E1 varian Standar, memakai baterai berkapasitas 13,8 kWh yang punya jarak tempuh 180 Km. Harga kemungkinan Rp190 jutaan (OTR Jakarta).

DFSK Seres E1 varian Luxury, kapasitas baterainya lebih besar yaitu 16,8 kWh dengan jarak tempuh 220 Km. Harga diperkirakan Rp220 juta-Rp230 juta(OTRJakarta).
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3371 seconds (0.1#10.140)