Tidak Dikover Asuransi, Kenali Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Pencegahannya

Jum'at, 26 Mei 2023 - 06:23 WIB
loading...
Tidak Dikover Asuransi, Kenali Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Pencegahannya
Kasus mobil terbakar memang tidak banyak, namun tetap harus diwaspadai penyebabnya. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Kasus kebakaran mobil memang jarang ditemukan. Tapi, bukan berarti kita sebagai pemilik kendaraan jadi tidak waspada. Walau jarang, kebakaran mobil dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga. Parahnya lagi, kerugian yang ditimbulkan hampir selalu besar. Untuk itu, pemilik mobil wajib mengetahui apa saja yang jadi pemicu awal terjadinya kebakaran. Juga, bagaimana cara mencegahnya.

Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto mengatakan, kebakaran mobil yang disebabkan karena kelalaian pribadi tidak akan dicover oleh polis asuransi mobil standar.

“Sesuai Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 3 ayat 2. Kerusakan akibat barang yang diangkut kendaraan bermotor, termasuk zat kimia, air, dan benda cair lainnya adalah pengecualian penjaminan,” ujar Iwan. “Karena itu, pemilik kendaraan diimbau untuk lebih waspada,” tambahnya.

Nah, berikut tips agar terhindar dari kebakaran di mobil :

1. Hati-hati modifikasi kelistrikan mobil

Sektor kelistrikan mobil telah diperhitungkan dan melewati tahap uji coba oleh pabrikan kendaraan. Oleh karenanya, tidak direkomendasikan pemilik mobil melakukan modifikasi khususnya pada bagian kelistrikan seperti lampu, kabel, modul hingga rangkaiannya tanpa memperhitungkan aspek teknis atau tidak sesuai standar. Pastikan konsultasi terlebih dahulu pada bengkel resmi atau spesialis modifikasi kelistrikan yang terpercaya jika memang dibutuhkan.

2. Hindari menyimpan barang mudah terbakar

Pemilik mobil acap lalai terhadap barang-barang mudah terbakar di mobil. Benda-benda seperti korek gas, charger, power bank hingga pengharum mobil atau pengharum badan sangat rentan untuk terbakar. Bahkan, meledak pada saat mobil dalam kondisi suhu panas berlebih seperti sedang dalam kondisi terparkir di bawah teriknya matahari.

3. Cek oli mesin mobil dan potensi kebocoran bahan bakar

Bahan bakar dan oli adalah jenis material yang mudah terbakar. Kebocoran yang mengandung kedua bahan ini sangat berbahaya. Hal ini biasanya terjadi dan diakibatkan oleh faktor usia kendaraan yang sudah terlalu lama atau kelalaian manusia yang tidak memeriksa secara rutin keadaan mobil. Bahkan alasan sepele seperti lupa menutup kembali tutup oli dan bahan bakar dengan benar. Tetesan oli mesin hingga bahan bakar dapat terbakar bila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot.

4. Hindari parkir dekat sumber api

Banyak dari pemilik mobil yang memarkirkan kendaraannya tanpa memperhatikan keadaan sekitar seperti berada di samping tempat sampah yang baru melakukan pembakaran sampah. Akibatnya bara api dari sisa pembakaran dapat terbang dan mengenai bagian mobil yang sensitif seperti kabel kelistrikan sehingga memicu kebakaran.


5. Jangan abaikan panel indikator

Indikator pada instrumen mobil pada dasarnya adalah pengingat kepada pengemudi jika terjadi kesalahan dan untuk segera melakukan pemeriksaan agar terhindar dari kebakaran. Seperti saat ada indikator suhu mesin naik, berarti terdapat masalah pada bagian mesin mobil sehingga perlu melakukan pengecekan sebelum melanjutkan perjalanan.

6. Siap alat pemadam api ringan
Tidak Dikover Asuransi, Kenali Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Pencegahannya

Selalu siap sedia Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai pertolongan pertama saat mobil terbakar. Selalu letakkan APAR di tempat yang aman dan mudah untuk dijangkausaatdarurat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2778 seconds (0.1#10.140)