Hypercar Aspark Owl EV Cetak 2 Rekor Dunia Mobil Listrik

Kamis, 25 Mei 2023 - 22:34 WIB
loading...
Hypercar Aspark Owl EV Cetak 2 Rekor Dunia Mobil Listrik
Hypercar Jepang, Aspark Owl telah mencetak dua rekor dunia mobil listrik yang tercatat dalam Rekor Dunia Guinness. Foto/Autocar
A A A
LONDON - Hypercar Jepang, Aspark Owl telah mencetak dua rekor dunia mobil listrik yang tercatat dalam Rekor Dunia Guinness. Hypercar listrik seharga Rp46 miliar ini membukukan rekor kecepatan rata-rata tertinggi untuk jarak seperdelapan mil atau sekitar 200 meter dan seperempat mil (400 meter).

Aspark Owl menyelesaikan jarak 200 meter dengan kecepatan rata-rata 309,02 km/jam dan melahap jarak 400 meter dengan kecepatan rata-rata 318,85 km/jam. Catatan waktu ini menjadikan Aspark Owl menjadi salah satu mobil listrik tercepat selain Rimac Nevera buatan Kroasia.

Rimac Nevera masih menjadi mobil listrik tercepat di dunia untuk jarak seperempat mil, dengan catatan waktu 8,582 detik. Mobil ini juga pemegang rekor kecepatan tertinggi yang dicapai oleh mobil listrik, yaitu 258 mil per jam atau 415 km per jam.



Hypercar Jepang mencetak rekor dalam acara Straightliners di Elvington Airfield di Yorkshire, yang dikonfirmasi oleh UK Timing Association. Ini merupakan kesempatan pertama The Owl tampil di depan publik Eropa setelah ajang Salon Prive awal tahun ini.

“Merupakan kehormatan besar bagi Aspark untuk menjadi yang pertama mengumumkan pencapaian ini. Kami bisa memproduksi mobil listrik dengan kinerja tinggi dalam waktu singkat,” kata CEO Aspark Mansanori Yoshida dikutip dari laman Autocar, Kamis (25/5/2023).

Aspark pun mengklaim bahwa The Owl merupakan mobil berakselerasi tercepat di dunia, dengan catatan sprint 0-60 mil per jam (96,5 km per jam) dalam waktu 1,72 detik di Sirkuit Dunia Misano. Mobil ini memiliki power 1985 bhp yang dihasilkan dari empat motor listrik, tenaga itu hampir dua kali kekuatan mobil Formula 1.

Sebenarnya Aspark Owl mampu melaju lebih cepat lagi, dengan target 0-60 mil per jam di bawah 1,7 detik. Hal ini menjadikannya mobil produksi jalan raya dengan akselerasi tercepat di dunia hingga 60 mil per jam, memangkas 0,6 detik dari waktu 0-60 mil per jam dari Tesla Model S.



Aspark mengatakan hanya memproduksi 50 unit Owl, setelah melakukan debut di Dubai tahun lalu. Owl dilengkapi dengan paket baterai unik untuk jangkauan yang diklaim hingga 280 mil atau 450,6 km.

Powertrain empat motor menghasilkan torsi sekitar 1475lb ft, dengan motor berputar hingga 15.000rpm dan menghasilkan kecepatan tertinggi 249 mil per jam atau 400 km per jam.
Hypercar Aspark Owl EV Cetak 2 Rekor Dunia Mobil Listrik


Baterai lithium ion Owl 64kWh memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil daripada hypercar listrik pesaing seperti Rivian dan Lotus, dengan tujuan mengurangi bobot. Sasis mobil ini terbuat dari serat karbon, seperti sebagian besar komponen lainnya, berkontribusi terhadap bobot kering yang diklaim sebesar 1900 kg.

“Ketika kami pertama kali mengumumkan proyek ini, tidak ada yang percaya itu bisa dilakukan. Memang benar bahwa kami tidak memiliki sejarah yang panjang, tetapi kami sekarang sedang menyelesaikan hypercar listrik Jepang yang pertama,” kata Mansanori Yoshida.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)