4 Tips Cara Ganti Velg Mobil dengan Mudah dan Aman

Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:07 WIB
loading...
4 Tips Cara Ganti Velg Mobil dengan Mudah dan Aman
Tips cara ganti velg mobil dengan mudah dan aman. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tips cara ganti velg mobil dengan mudah dan aman akan dibahas dalam artikel ini. Bagi Anda yang suka bongkar pasang velg mobil penting untuk menyimaknya.

Mengganti velg merupakan salah satu hal yang kerap kali dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan, termasuk pemilik mobil . Biasanya tujuan dari penggantian velg yakni agar kendaraannya tampil beda atau lebih keren.

Saat penggantian berlangsung, terkadang kita menemukan sebuah kendala yang dapat menghambat dalam proses pemasangan. Untuk menghindarinya, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan.


Berikut empat tips mengganti velg mobil dengan mudah dan aman:

1. Perhatikan dimensi pada velg

Tips yang pertama yaitu memperhatikan dimensi pada velg mobil yang akan dipasang. Umumnya ukuran velg yang dapat dipasang pada kendaraan berukuran 2-3 inci lebih besar dari velg bawaan.

Memperhatikan dimensi velg mobil menjadi hal yang sangat penting lantaran dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara. Selain itu, jika terlalu besar konsumsi bahan bakar juga bisa meningkat.

2. Memperhatikan saat proses pemilihan ban

Selanjutnya, tips yang perlu diperhatikan yakni saat proses pemilihan ban. Biasanya jika memakai velg dengan ukuran yang lebih besar, mereka akan menggunakan ban dengan dimensi yang lebih tipis.

Dampak dari pemilihan ban tersebut membuat ban terasa keras dan tidak bisa meredam getaran dengan baik. Sementara itu, jika memilih ban terlalu lebar atau tipis, bisa mengganggu pengendalian mobil.


3. Cek offset bawaan dari velg

Offset atau ET merupakan dimensi jarak bagian tengah velg ke bagian luar. Ukuran dari offset sendiri berguna untuk memastikan jika velg terpasang dengan aman dan tetap indah dipandang.

Jika tidak pas saat menentukan offset, velg akan terlihat lebih menjorok atau keluar dari ruang roda. Oleh karenanya, cek offset bawaan velg sebelum menggantinya.

4. Memilih PCD yang sesuai

Selain mengecek offset bawaan, Anda juga dapat memilih velg mobil yang memiliki PCD (Pitch Center Diameter) yang sesuai dengan bawaan mobil. Misalnya PCD mobil yang menunjukan 4x100, artinya mobil menggunakan konstruksi baut sebanyak empat buah dengan jarak antar baut 100 mm.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)