Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya, Ketahui sebelum Membeli!

Rabu, 07 Juni 2023 - 18:50 WIB
loading...
Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya, Ketahui sebelum Membeli!
Mengerti kode ban sebelum membeli menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mengerti kode ban sebelum membeli menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan . Pasalnya ban merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting terhadap keselamatan dalam berkendara.

Agar mendapatkan keselamatan dan kenyamanan maksimal, tentu harus memilih ban yang tepat. Ban yang tepat untuk kendaran roda empat seperti mobil, bisa ditentukan dari lebar tapak, rasio tinggi hingga diameter dari ban itu sendiri.

Tipe-tipe ban sendiri biasanya akan ditulis dalam kode yang tertera pada lingkaran ban. Supaya tidak salah dalam membeli ban mobil, penting untuk menyimak arti dari kode ban berikut ini.


Arti-arti Kode Pada Ban Mobil

1. Tipe Mobil (P)

Kode ban sendiri biasanya akan dimulai dengan huruf ‘P’ yang berarti tipe mobil. Kode ‘P’ pada mobil memiliki arti Passenger atau mobil yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

Selain kode ‘P’, ada pula kode lain seperti huruf ST, LT, dan T. ST berarti Special Trailer, LT Light Truck, dan T artinya Temporary. Sesuai dengan namanya, kode ‘T’ sendiri tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Lebar Tapak Ban (205)

Setelah kode ‘P’ ada angka 205 yang menunjukan lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Artinya, mobil harus menggunakan ban yang memiliki lebar ban 205 milimeter.

3. Rasio Tinggi Ban dengan Satuan Milimeter (65)

Rasio tinggi ban biasanya terletak di sebelah garis miring setelah lebar tapak ban. Contohnya, ketika rasio tinggi ban 65 MM, maka tinggi ban 65 persen dari lebarnya yaitu 205 MM. Jadi 65 persen x 205 milimeter sama dengan 133,2 milimeter.

4. Jenis Konstruksi Ban ( R )

Jenis konstruksi ban akan ditandai dengan huruf ‘R’. Ban dengan kode tersebut umumnya akan digunakan untuk kendaraan untuk penumpang harian. Selain kode ‘R’, terdapat pula kode lain seperti RFT atau Run Flat Tire/Tyre.

5. Diameter Velg Mobi (15-16)

Setelah kode konstruksi, biasanya akan diikuti dengan angka 15 atau 16 dan seterusnya yang menunjukan diameter velg mobil. Misalnya, kode R14 nantinya akan dipasang ke mobil dengan ukuran velg 14 inci.

6. Kemampuan Ban Menahan Beban (95)

Berdasarkan ketentuannya, kode ban dengan angka 95 mampu menahan total beban penumpang hingga 670 Kg. Semakin besar angkanya, maka semakin besar pula beban penumpang yang bisa diangkutnya.


7. Kode Kecepatan Ban Mobil (H)

Jika terdapat huruf H, maka kode maksimal yang dapat dicapai menggunakan ban tersebut mencapai 210 kilometer per jam. Kode kecepatan pun beragam, diantaranya ada Q dengan kecepatan maksimal 160/jam, S 180 km/jam, T 190 km/jam, U 200 km/jam, H 210 km/jam, V 240 km/jam, W 270 km/jam, Y 300 km/jam, dan Z 240 km/jam.

Cara Membaca Kode Ban

Setelah mengetahui arti dari masing-masing kode ban mobil, maka akan dengan mudah menentukan ban mobil yang tepat sebelum dibeli. Sehingga akan meningkatkan tingkat keselamatan dan kenyamanan saat menggunakan mobil.

Cara membaca kode mobil dimulai dari huruf kode P atau tipe mobil. Contohnya, P 205/65 R 15 94 H adalah ban berjenis penumpang memiliki lebar tapak sebesar 205 milimeter dengan rasio panjang ban 65 persen atau setinggi 133,2 millimeter dengan konstruksi ban radial berdiameter velg 15 inci.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2636 seconds (0.1#10.140)