Simak, Ini Cara Membaca Kode Huruf dan Angka pada Ban Mobil

Selasa, 23 November 2021 - 13:25 WIB
loading...
Simak, Ini Cara Membaca Kode Huruf dan Angka pada Ban Mobil
Cara membaca kode huruf dan angka pada ban mobil perlu diketahui agar tidak salah saat membeli ban baru. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara membaca kode huruf dan angka pada ban mobil perlu diketahui agar tidak salah saat membeli ban baru. Karena kode huruf dan angka itu dimaksudkan untuk mengetahui ketebalan hingga standar ban yang layak digunakan untuk mobil Anda.

Mungkin selama ini pemilik mobil hanya mengetahui kode pembuatan ban yang akan menentukan umur pakai. Misalnya saja tertera X-2621, itu merupakan waktu pembuatan ban tersebut yang berarti dibuat pada minggu kw 26 pada tahun 2021.

Selain waktu pembuatan, di ban bagian luar juga akan tertera angka-angka yang memiliki kode soal ukuran ukuran tekanan, bentuk, tahun produksi, ukuran pelek, beban maksimum, dan rotasi kecepatan.



Dengan mengetahui cara baca ukuran ban mobil akan memudahkan Anda dalam memilih jenis ban sesuai kendaraan dan bagaimana perawatannya. Dikutip dari halaman Auto2000, berikut cara membaca kode huruf dan angka pada ban mobil.

Sebagai contoh kode angka dan huruf 205/65R15 95H. Berarti angka 205 itu menunjukan tingkat ketebalan ban dalam ukuran milimeter ketika dipasangi pelek.

Sedangkan dua angka setelah garis miring adalah rasio ban, yaitu 65 (205/65R15 95H), merupakan rasio ban. Kode rasio ban artinya persentase tinggi ban terhadap ketebalannya diukur dari velg hingga tapak bawah.

Untuk huruf R diangka 65R15 merupakan kode konstruksi ban. Kode huruf R merupakan kepanjangan dari kata radial.



Selanjutnya, angka setelah R yakni 15 merupakan kode penunjuk diameter pelek yang cocok digunakan. Cara baca ukuran ban mobil ini mudah saja, semakin besar angkanya, maka semakin besar ukuran pelek yang harus digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.4100 seconds (0.1#10.140)