Bepergian Selalu Naik Kereta? Ini 7 Tips Aman Naik Kereta yang Wajib diketahui!

Rabu, 07 Juni 2023 - 21:38 WIB
loading...
Bepergian Selalu Naik Kereta? Ini 7 Tips Aman Naik Kereta yang Wajib diketahui!
Tips aman naik kereta penting untuk dipahami pengguna kereta api. Foto: dok Wikipedia
A A A
JAKARTA - Sejumlah tips aman naik kereta api penting untuk diketahui. Terutama bagi mereka yang senang bepergian menggunakan moda transportasi yang satu ini.

Kereta api merupakan salah satu transportasi yang cukup diandalkan masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk bepergian dalam satu provinsi saja, kereta api juga bisa menjangkau kota-kota besar di Provinsi yang berbeda.

Meski begitu, sebelum melakukan perjalanan pastikan sudah memiliki persiapan perjalanan yang matang. Selain amunisi perjalanan, sejumlah tips naik kereta api juga wajib untuk diketahui.

Berikut tujuh tips aman ketika naik kereta api sebelum bepergian:

1. Mengetahui Syarat Bepergian dengan Kereta Api

Sebelum bepergian menggunakan kereta api, tentu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para penumpang. Salah satu diantaranya yakni adanya sertifikat vaksinasi Covid 19.

2. Pesan Tiket Secara Online

Untuk menghindari antrian yang panjang, pihak Kereta Api Indonesia kini telah menyediakan aplikasi pembelian tiket kereta api untuk para calon penumpangnya. Aplikasi yang telah dibuat tentu memudahkan para penumpangnya.

Setelah membeli tiket secara online, penumpang hanya perlu mencetak e-boarding pass pada aplikasi dan scan QR Code di meja petugas. Penumpang nantinya hanya perlu menunjukan e-boarding pass kepada petugas stasiun ketika hendak naik kereta api.

3. Memilih Perjalanan Pagi atau Siang Hari

Tips yang perlu diperhatikan sebelum menaiki kereta api yaitu memilih jadwal pemberangkatan. Usahakan jika akan memilih jadwal pemberangkatan kereta api, Anda bisa memilihnya pada pagi atau siang hari saja. Jika memilih waktu tersebut, Anda akan disuguhkan panorama menarik sepanjang perjalanan.

4. Membawa Makanan Kecil

Ketika melakukan perjalanan jauh tentu terkadang menimbulkan rasa lapar dan haus. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat membawa bekal atau camilan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar selama perjalanan.

5. Memakai Pakaian dengan Lengan Panjang

Alangkah baiknya selama perjalanan jauh selalu memakai pakaian panjang atau jaket. Selain untuk menjaga tubuh dari infeksi kuman atau bakteri yang menular, Anda juga bisa terhindar dari potensi kedinginan selama di dalam kereta api.

6. Menyiapkan Hiburan Terbaik

Saat menaiki kereta api dengan rute perjalanan yang panjang terkadang membuat seseorang akan cepat merasa bosan. Instal aplikasi video atau musik dan siapkan kuota sebelum hari pemberangkatan. Selain itu, Anda juga perlu membawa powerbank agar baterai tidak lowbat selama perjalanan.


7. Datang Lebih Awal ke Stasiun

Ketika sudah memasuki hari pemberangkatan, Anda perlu datang lebih awal ke stasiun. Selain untuk menghindari keterlambatan, Anda juga bisa ada waktu lebih untuk mengecek kembali kelengkapan dokumen perjalananAnda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)