Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Senin, 12 Juni 2023 - 07:21 WIB
loading...
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa
Honda e tampil dengan desain retro-futuristik, dipasarkan di Jepang dan Eropa. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Honda punya target besar untuk jadi pabrikan Jepang yang beralih ke elektrifikasi secara total pada 2040. Honda e adalah salah satu awalnya.

Sebagian pengguna kendaraan konvensional internal combustion engine (ICE) menganggap mobil listrik membosankan. Tidak ada mesin dan suara, seperti mengendarai mobil yang soulless atau tanpa jiwa. Tanpa karakter dan kosong.

Tapi, entah mengapa mobil listrik Honda e berbeda. Beda dari desainnya yang kontras: retro tapi penuh teknologi canggih. Beda pula dari ukurannya yang mungil. Beda juga dari sentuhan kayu di kabin, 6 layar di dashboard, hingga konsep urban EV yang membuat mobil ini sangat memorable.

Konsep Retro
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Honda menargetkan mencapai 100% elektrifikasi untuk semua modelnya secara global pada 2040. Untuk itu, mereka akan mengenalkan 30 mobil elektrik secara global hingga 2030 (2 juta unit per tahun).

Rasa-rasanya, Honda e akan jadi pionir mobil listrik Honda yang paling memorable. Sebab, di kelas mobil listrik, Honda memberikan pendekatan berbeda ke Honda e berfokus pada desain dan teknologi yang membuat mobil listrik menjadi desirable atau diinginkan. Bukan mobil listrik tanpa jiwa yang membosankan.

Lihat saja tampilan imut Honda e yang mengadopsi generasi pertama Honda Civic era 1970-an dengan lampu depan yang membulat, tidak sipit seperti mobil modern sekarang.

Tidak perlu suka otomotif, tapi Anda akan sepakat bahwa mobil retro ini menggemaskan, catchy, dan “hidup”. Seperti mobil-mobil yang ada di anime.

Fun to Drive
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Single Pedal Control System memanfaatkan perlambatan untuk meregenerasi tenaga listrik untuk mengisi baterai saat pengemudi melepaskan pedal akselerasi. Foto: dok HPM

Sensasi fun to drive atau kebahagiaan mengemudi tidak ditinggalkan Honda di Honda e. Selain imut, mobil ini juga ringkas. Sedikit lebih panjang, lebar, serta tinggi dibanding Honda Brio. Overhang depan dan belakang membuatnya mudah sekali bermanuver. Apalagi, radius putarnya mencapai 4,3 meter dengan setir yang enteng. Mobil mudah sekali berbelok dan parkir.

Wajar pula jika Honda fokus memasarkan Honda e di Jepang dan Eropa, karena cocok sekali untuk dipakai di jalanan padat yang kecil-kecil. Untuk ngantor, mengantar anak, berbelanja, dan berbagai kegiataan perkotaan lainnya.

Fitur fun to drive lain adalah Single Pedal Control System yang membuat pengereman lebih intens dan cocok sekali dipakai di kemacetan. Karena mobil akan deselerasi begitu kaki tidak menginjak pedal gas. Ini fitur favorit SINDONews di mobil listrik.

Kabin yang Homey
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Entah mengapa, masuk ke kabin Honda e terasa sangat homey. Tidak kaku dan garing seperti mobil listrik pada umumnya. Seperti duduk di sofa di ruang keluarga. Mungkin karena joknya yang empuk dan nyaman. Mungkin juga karena kentalnya sentuhan kayu yang memanjang di dashboard serta konsol tengah.

Dari luar mobil ini kecil, tapi sebenarnya di dalam masih terasa cukup lega. Ada dua kompartemen di tengah untuk meletakkan tas kecil, HP, atau dompet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)